LPD Gerana, Aset Rp 8,5 Miliar Perkembangan Signifikan Sejak 2016

181

Mangupura (Bisnis Bali) – LPD Gerana yang berada di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini dilihat dari jumlah aset  hingga Agustus 2017  mencapai Rp 8,5 miliar. Dibandingkan Mei tahun sebelumnya aset hanya Rp 3,8 miliar.

Kepala LPD Desa Adat Gerana, I Gede Bendesa Giri Saputra, S.E., Sabtu (2/9) lalu mengatakan, pada akhir Desember 2016, aset LPD Gerana telah mencapai Rp 7,5 miliar dan saat ini pun kian menunjukkan pertumbuhan.

Diakuinya, hal ini dikarenakan kepercayaan masyarakat yang kian meningkat terhadap LPD.

“Pada awal kepemimpinan saya Mei 2016 lalu, saya berusaha membangun kepercayaan masyarakat dengan berbagai upaya. Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui LPD itu ada dan sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Penyegaran kepengurusan LPD juga dilakukannya, dengan menambahkan beberapa staf termasuk dirinya sebagai kepala LPD waktu itu. Hal ini bertujuan menarik pemikiran positif masyarakat dari yang sebelumnya LPD sempat sakit.

Ada pun beberapa upaya yang dilakukan untuk menambah kepercayaan masyarakat, diceritakannya seperti menunjukkan jati diri LPD dan keseriusan dalam mengayomi masyarakat, serta menunjukkan bahwa LPD ada dan mampu membantu masyarakat.

Selanjutnya menjamin uang nasabah atau masyarakat aman dan memastikan dana tersedia saat nasabah mau menarik dananya.

Selain itu, untuk membangun kepercayaan masyatakat, di bawah kepemimpinannya, LPD Gerana juga mengajak prajuru serta badan pengawas untuk mensosialisasikam keberadaan LPD.

 “Dukungan prajuru dan badan pengawas juga sangat tinggi terhadap perkembangan LPD dan kami pun selalu berkoordinasi terkait hal tersebut. Hal ini pun yang mampu mendorong meningkatnya kepercayaan masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, hingga Agustus 2016, dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD Gerana yaitu berupa tabungan Rp 2,9 miliar dan deposito sebanyak Rp 5,2 miliar. Ada pun kredit yang mampu disalurkan yaitu Rp 5 miliar lebih. (wid) 4