Denpasar (Bisnis Bali) – Ratusan peserta mengikuti jalan sehat dan pawai sepeda hias HUT ke-27 LPD Desa Pakraman Panjer, yang dirangkai dengan Pekan Olahraga dan Seni Kelurahan (Porsenikel) Panjer, Minggu (3/9).

Peserta jalan santai yang terdiri dari unsur LPD Desa Pakraman Panjer, siswa SD serta masyarakat setempat dilepas Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra dengan mengambil start di depan LPD Desa Pakraman Panjer dan finish di Balai Desa Panjer.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Darsa, Camat Denpasar Selatan, AA Gde Risnawan, Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar, Made Saryawan, lurah, bendesa serta tokoh masyarakat.

Usai melepas, Rai Mantra tampak ikut berbaur dengan peserta sembari memungut sampah plastik dan melihat langsung situasi wilayah dengan berkeliling di kawasan panjer. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Rai Mantra mengingatkan kepada seluruh peserta jalan santai untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Menurutnya, kebersihan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja namun menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Kota Denpasar. Partisipasi dengan tidak membuang sampah sembarangan menjadi kunci penting untuk menjaga kebersihan di Kota Denpasar.

“Mari kita terus bangkitkan kepedulian bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Rai Mantra. Ia juga mengharapkan seluruh komunitas dapat ikut peduli menjaga kebersihan Kota Denpasar. Setiap pelaksanaan jalan santai yang digelar wajib melaksanakan kegiatan bersih-besih sembari jalan santai. “Kegiatan-kegiatan semacam ini sangat baik. Kami akan selalu mendukung setiap kegiatan untuk mewujudkan Denpasar bersih,” ujar Rai Mantra.

Ketua Panitia Porsenikel, Made Oka Cahyadi Wiguna mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai sarana untuk memupuk, memelihara dan menggalang rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan antara masyarakat.

Di samping itu, kegiatan yang dirangkai dengan porsenikel ini bertujuan untuk menjaring para atlet olah raga dan seni guna maju ke tingkat yang lebih tinggi serta sebagai wahana memilih atlet berbakat di masing-masing bidang olah raga seperti, metajog, terompah, bola volley, tenis meja serta lainnya.

“Kegiatan ini sudah dimulai sejak 16 Agustus lalu dengan parade obor dan berbagai kegiatan hut kemerdekaan yang dirangkai dengan Porsenikel Panjer 2017 bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan bakat dan minatnya di bidang olahraga dan seni,” ujarnya.

Seorang peserta jalan sehat, Putu Yeni (11 th) mengaku sangat senang diadakannya kegiatan ini. Siswi kelas 5 Sekolah Dasar ini tampak bahagia mengikuti jalannya kegiatan sembari berkeliling memungut sampah. “Seneng bisa naik sepeda hias rame-rame, di samping itu sehat dan bisa jaga kebersihan,” tandasnya. (sta)