Mangupura (Bisnis Bali) – Pimpinan DPRD Kabupaten Badung melaksanakan acara penyerapan aspirasi di kalangan komponen pariwisata Kabupaten Badung di Hotel Puri Saron Seminyak, Kamis (31/8) lalu. Acara penyerapan aspirasi dipimpin langsung Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata yang juga selaku inisiator acara. Turut hadir Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali, ‎Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra, Ketua Kadin Badung Made Sujana, tokoh komponen pariwisata serta akademisi.
Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata mengatakan, penyerapan aspirasi merupakan unsur penting yang harus dilakukan DPRD Badung. Diselenggarakannya acara tersebut, katanya, sebagai salah satu bentuk keterbukaan  pemerintah terhadap masyarakat. “Acara serap aspirasi merupakan bentuk transparansi Dewan sebagai wakil rakyat kepada masyarakat,” ujarnya.

Penyerapan aspirasi tersebut, kata politisi asal Dalung ini, juga untuk mendapatkan masukan-masukan dari komponen pariwisata yang akan dituangkan pada pokok-pokok pikiran Dewan sebelum dilakukan perencanaan khususnya di sektor pariwisata. “Sebelum perencanaan, harus dilaksanakan penyerapan aspirasi terlebih dahulu,” ungkapnya.

Kabupaten Badung yang bertumpu pada sektor pariwisata, lanjutnya, harus melakukan langkah pasti salah satunya pengembangan sektor pariwisata di Bali khususnya di Badung. Pihaknya mengajak, seluruh komponen bersama-sama melakukan langkah kongkret untuk pengembangan pariwisata tersebut meskipun Bali sudah terkenal hingga ke mancanegara. “Apa yang menjadi hasil diskusi ini akan kita kawal di Dewan yang kemudian akan dipilah dan akan dijadikan masukan dalam membuat perencanaan,” ujarnya.

Dia berharap, penyerapan aspirasi tersebut  dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pihak baik pemerintah maupun komponen pariwisata di Bali khususnya di Badung. “Melalui acara ini kita mencurahkan pikiran bagaimana mengembangkan pariwisata di Badung ke depannya. Semoga berdampak positif demi kemajuan Bali dan Badung khususnya,” tambahnya. (ad 1.752)