Jaga Kebugaran, Senam Hamil Jadi Pilihan Ibu-ibu

114

‪Denpasar ( Bisnis Bali)- ‪Selain mengkonsumsi makanan bergizi selama masa hamil, melakukan senam hamil merupakan  salah satu cara yang sering dipilih ibu hamil untuk menjaga kesehatan di masa kehamilan. Senam hamil sangat bermanfaat, diantaranya melatih pernafasan terutama, menghadapi proses kelahiran bayi serta menjaga kebugaran selama kehamilan.

‪Kehamilan merupakan pengalaman yang seringkali dirasa sebagai anugerah bagi perempuan, hingga berbagai cara ditempuh untuk menjaga kehamilan. Selain mengkonsumsi makanan bergizi selama masa hamil, ibu hamil dapat melakukan senam hamil. Senam hamil sangat bermanfaat, diantaranya melatih pernafasan, terutama untuk persiapan menghadapi proses kelahiran bayi. Menurut koordinator bidan Puskesmas Pembantu Dauh Puri, Ni Wayan Sumiarni, senam hamil merupakan senam dengan gerakan yang aman, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan,  sehingga berbeda dengan gerakan senam umumnya.

‪”Senam hamil dapat dilakukan mulai usia kehamilan 20 minggu. Manfaat senam hamil diantaranya menyehatkan ibu hamil, mengatasi keluhan ibu selama kehamilan seperti keram pada tangan dan kaki,  mengatasi susah tidur dan melatih pernafasan sehingga memperlancar proses persalinan,” tutur bidan Puskesmas II Denbar tersebut.

‪Menjaga kesehatan selama kehamilan adalah bagian penting bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Tips yang perlu dilakukan adalah rutin memeriksakan kehamilan ke tenaga kesehatan baik bidan maupun dokter. Ibu juga harus memperhatikan asupan nutrisi dan asupan cairan. “Asupan nutrisi yang seimbang akan membantu pertumbuhan bayi, sesuai dengan usia kehamilan yang diharapkan. Selain itu, berat minimal 2.500 gram untuk bayi lahir sehat dapat tercapai,” tandasnya. (pur)