Didukung Masyarakat, LPD Desa Pakraman Cemagi mulai Berkembang Krama Iuran Rp 10.000 per Bulan

48

Mangupura (Bisnis Bali)- Keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD), tidak bisa lepas dari dukungan masyarakat. Salah satunya yang terjadi di LPD Desa Pakraman Cemagi. Atas dukungan masyarakat, LPD Desa Pakraman Cemagi mampu kembali berdiri sejak 3 tahun lalu.

Kepala LPD Desa Pakraman Cemagi, I Ketut Suardiana, saat ditemui, Jumat (1/9) kemarin mengatakan, antusias masyarakat untuk membangun kembali LPD nya sangat tinggi. Hal ini dilihat dari tindakan masyarakat yang mau mengeluarkan iuran Rp 10.000 per bulan. “Kami berusaha untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat, sehingga masyarakat yakin dan mau menempatkan dananya di LPD. Ditambah pula iuran yang dilakukan masyarakat untuk menambah modal LPD, tentu masyarakat sangat mendukung kemajuan LPD,” ungkapnya.

Dijelaskannya, LPD Cemagi sebelumnya sempat mengalami keterpurukan, selain dikarenakan kondisi perekonomian masyarakat yang kurang baik waktu itu, ditambah persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan lainnya. Dengan bergantinya kepengurusan, dikatakannya, berbagai evaluasi dan pembelajaran dilakukan dari pengalaman sebelumnya, dan LPD mulai dibangkitkan kembali.

Lebih lanjut dijelaskannya, saat ini aset yang dimiliki oleh LPD Desa Pakraman Cemagi telah mencapai Rp 3 miliar. “Sebelumnya aset LPD Cemagi hanya dibawah Rp 1 miliar. Dengan dukungan masyarakat dan antusias mereka, kami bisa bangkit secara bertahap seperti saat ini,” katanya. (wid)