Terapkan TI, BPR Benahi Sistem “Core Banking”

27

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam era persaingan modern bank perkreditan rakyat (BPR) memang dituntut untuk menguasai teknologi informasi (TI). Direktur Utama BPR Dewangga, IB. Agung Mahendra Putra Rabu (30/8) mengatakan dalam peningkatan penerapan TI, BPR dituntut diantaranya membenahi Sistem Core Banking.

Diungkapkannya,  dalam era modern ini nasabah terbiasa dengan kemajuan TI. Nasabah mengharapkan layanan mobile banking termasuk dari BPR. Tuntutan BPR ke depan menyediakan layanan anjungan tunai mandiri (ATM) sesuai kebutuhan masyarakat dan sektor UMKM selaku nasabah.

Ia menjelaskan mengenai penerapan TI, misalnya  BPR Dewangga sudah memperbaharui sistem core banking. “Dengan penerapan teknologi BPR bisa lebih maju dari sebelumnya,” ucapnya.
Dipaparkannya, sistem TI BPR bisa melakukan koneksi antarkantor baik kantor pusat dengan kantor cabang termasuk kantor kas. Informasi dan komunikasi bisa ke depannya dipakai untuk online antarcabang.
Lebih lanjut dikatakannya, untuk ke depannya BPR juga bisa mengadopsi sistem informasi dengan sms banking. Seperti di BPR ini telah dirancang dengan pihak vendor untuk bisa di gunakan oleh nasabah. (kup)