Maksimalkan Peran Dekopinda, Tingkatkan Rasa Kebersamaan Pengurus

28

Denpasar (Bisnis Bali) – Peran organisasi koperasi yang diakui pemerintah adalah Dekopin/Dekopinwil/Dekopinda harus maksimal untuk mendampingi gerakan koperasi sampai berkembang. Koperasi yang maju dapat dibuktikan mampu mandiri sampai pada tujuan puncak tercapainya anggota yang sejahtera.

Di tingkat Kabupaten dan Kota, Dekopinda dapat mendampingi koperasi menuju mandiri. Seperti di Kota Denpasar, melalui Ketua ‎Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Denpasar, ‎I Wayan Mudana, S.E., dapat berperan maksimal apabila dalam kepengurusan memiliki rasa kebersamaan. Maka itu, Wayan Mudana terpilih menjadi Ketua Dekopinda Denpasar periode 2017 – 2020 ini akan fokus penataan internal kepengurusan.

 ”Saya baru menjadi Ketua Dekopinda Kota Denpasar. Masih perlu penyesuaian internal dulu, jika sudah memiliki rasa kebersamaan dengan visi dan misi sama ingin mendorong gerakan koperasi hingga mandiri baru akan bergerak melakukan pendampingan. Kami dalam waktu dekat akan merapat dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar untuk memohon pasilitasi. Karena kami pengurus baru sangat perlu meminta arahan yang benar,” kata Wayan Mudana Rabu (30/8) sambil berharap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Denpasar memberikan arahan yang bermanfaat bagi pengurus Dekopinda. Karena Dekopinda partner resmi pemerintah.

Menurut Mudana, dalam kepengurusan suatu organisasi sangat diperlukan kebersamaan. Kepentingan bersama diutamakan, bukan kepentingan pribadi. Pihaknya juga sangat berharap dalam kepengurusan Dekopinda Denpasar tidak ada unsur kepentingan perorangan atau kelompok. Sehingga dalam memberikan dorongan kepada gerakan maksimal dengan hasil menuju koperasi berkembang.  (sta)