Serahkan Penghargaan Pemkot Denpasar Gelar Syukuran PKB

29
Wakil Wali Kota Denpasar, I.GN Jaya Negara menyerahkan penghargaan kepada seniman- seniman pada acara syukuran PKB ke-39 Tahun 2017 di Kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. (sta)

 Denpasar (Bisnis Bali) – Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39 Tahun 2017 telah berjalan baik dengan keterlibatan ribuan seniman Kota Denpasar. Kesuksesan ini dilaksanakan dengan menggelar kegiatan syukuran belum lama ini  di Kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Tampak Wakil Wali Kota Denpasar, I.GN Jaya Negara menyerahkan penghargaan kepada seniman- seniman yang telah berpartisipasi membawa harum nama Kota Denpasar pada PKB ke-39 Tahun 2017. Hadir pula perwakilan DPRD Kota Denpasar, Ketut Suteja Kumara, Plt. Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sujati, para camat, budayawan serta tokoh- tokoh seni di Kota Denpasar.

Wakil Wali Kota Denpasar, I.GN Jaya Negara mengatakan, pembinaan dan pengembangan seni budaya oleh Pemkot Denpasar merupakan salah satu penggambaran dari visi misi Kota Denpasar sebagai Kota berwawasan budaya. “Pemberian penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah kepada para seniman, di samping juga Pemkot terus melaksanakan pembinaan seni budaya melalui berbagai program seperti lomba, festival dan kegiatan seni budaya mengisi libur sekolah bagi para pelajar,” ujar Jaya Negara.‎

Ketua Panitia, Nyoman Astita dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan PKB ke-39 Tahun 2017, duta kesenian Kota Denpasar yang terlibat dalam parade dan lomba seni telah berjalan dengan lancar. “Di PKB tahun ini duta seni Kota Denpasar total diperkuat 2.000 orang seniman yang berasal dari 25 sekeha kesenian yang dibagi menjadi kategori anak, remaja dan dewasa baik pria maupun wanita,”ujar Nyoman Astita.

Lebih lanjut Nyoman Astita mengatakan, dalam gelaran PKB 2017 ini, sejumlah prestasi ditorehkan duta kesenian Kota Denpasar. Di antaranya, meraih juara di sejumlah mata lomba kesenian seperti Lomba Kesenian Taman Penasar, Lomba Gender Wayang, Lomba Mengarang Cerpen, Lomba Nyastra Cecimpedan, Lomba Nyastra Pidato Bahasa Bali, dan Lomba Melukis Modern.

“Giat pelestarian jenis kesenian seperti Gambuh dan tari rakyat seperti joged bumbung juga digalakkan oleh Pemkot Denpasar dalam bentuk parade kesenian di PKB 2017. Hal ini menjadi bukti bahwa Pemkot Denpasar tidak hanya fokus pada prestasi seni tapi juga tetap ingat terhadap pembinaan seni yang berkelanjutan,” tandas Nyoman Astita. (sta)