Desa Wisata Gunung Salak makin Menggeliat

48
PELATIHAN - PKW Unmas Denpasar mendampingi pelatihan KWT di Desa Gunung Salak.  (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Desa Gunung Salak terletak di Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Kondisi alamnya yang masih alami dengan sawah yang berterasering serta memiliki  beberapa lokasi unik seperti goa, sumber mata air dan air terjun yang sangat jernih menjadikan desa ini sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Tabanan.

Komitmen menjadikan desa ini sebagai  desa wisata disambut baik oleh Perbekel Desa Gunung Salak, I Gusti Made Sujirta, bahkan pada 18 Agustus 2017 lalu, Pemkab Tabanan sudah menetapkan Desa Gunung Salak sebagai desa wisata.

Ditetapkannya sebagai desa wisata maka beberapa faktor pendukung yang harus disiapkan adalah makanan atau kuliner tradisional setempat. Berkaitan dengan hal itu, maka kelompok wanita tani (KWT) di Desa Gunung Salak mulai mempersiapkan anggota kelompoknya dalam meningkatkan keterampilan pengolahan penganan dari hasil pertanian setempat. Dengan pendampinan dari Tim Program Kemitraan Wilayah (PKW) Unmas Denpasar, maka KWT Desa Gunung Salak sudah mampu membuat olahan dari ketela rambat, talas, singkong menjadi nasi sela gurih, bolu kukus talas dan aneka olahan umbi-umbian lainnya.

Menurut Sekretaris PKK Desa Gunung Salak, Ni Wayan Srinati, pelatihan tersebut sangat membantu anggota kelompok untuk lebih siap dalam menyediakan kuliner tradisional khas Desa Gunung Salak.

Ia berharap, pendampingan dari tim Unmas Denpasar dilakukan secara berkelanjutan agar KWT lebih mandiri dalam menyongsong desa wisata. (man)