Wabup Suiasa Sosialisasi Konselor dan Tenaga Kesehatan

33
istKONSELOR - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Sosialisasi Konselor dan Tenaga Kesehatan, Sabtu (26/8) di Hotel Made Bali, Sempidi.

Mangupura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Sosialisasi Konselor dan Tenaga Kesehatan, Sabtu (26/8) di Hotel Made Bali, Sempidi. Sosialisasi diikuti 100 tenaga konselor dan 20 orang kesehatan.
Wabup Suiasa menyampaikan dalam penanggulangan masalah HIV/AIDS adalah masalah global dan bukan masalah di Kabupaten Badung saja. Untuk itu sangat penting kita memiliki tenaga-tenaga konselor yang mempunyai kapasitas dan kompetensi dalam hal memberikan konseling kepada masyarakat mengenai HIV/AIDS. “Penderita HIV/AIDS adalah penderita lahir dan batin, perlunya orang-orang yang mampu dan mau melakukan pendekatan-pendekatan psikologis sehingga penderita mau terbuka terhadap kondisi dirinya, mau melaksanakan pengobatan dan mau kita tangani secara terus menerus,” ujarnya.
Begitu pentingnya tenaga koselor, sehingga seorang konselor perlu mendapatkan penyegaran, penambahan pengetahuan dimana faktor-faktor lingkungan global dan faktor intern mesti harus dikuasai oleh para konselor untuk pendekatan dan penanganan yang cepat.
Sementara Ketua Panitia dr. Komang Widia Asmawan melaporkan, sosialisasi konselor dan tenaga kesehatan bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menangani penderita HIV/AIDS di Kabupaten Badung. Jumlah peserta sosialisasi 100 orang dari tenaga koselor, dan 20 orang tenaga kesehatan baik di puskesmas, rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Badung. Pelaksanaan sosialisasi ini dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Badung, dan dari RSUD Mangusada. (adv)