Porprov Bali XIII Buleleng Targetkan 66 Medali Emas

35
Jumpa Pers di Kantor Koni Buleleng dalam rangka Porprov. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng sudah menyiapkan beberapa hal untuk tampil maksimal pada Porprov XIII yang akan dilangsungkan di Kabupaten Gianyar pada 17-23 September mendatang.  Salah satunya menyiapkan sebanyak 500 atlet untuk mengikuti 34 cabang olah raga dari 36 cabang olah raga yang dipertandingkan.

Ketua Umum KONI Buleleng, I Nyoman Artha Widnyana, menjelaskan, kontingen Buleleng yang mengusung tagline Buleleng Jengah Untuk Juara, bertekad untuk mempertahankan prestasi sebagai juara tiga dua tahun yang lalu. Widnyana menambahkan,  tidak memasang target yang muluk-muluk, melihat kondisi para kontingen Badung dan Denpasar yang masih mendominasi. Bahkan, KONI Buleleng menyatakan menolak keras masuknya atlet bodong yang hanya untuk menutupi gengsi untuk mengejar target juara.

“Berkaca dari pengalaman sebelumnya untuk atlet kontingen Badung dan Denpasar masih unggul dan mereka mendominasi medali. Bukannya tidak berani tetapi targetnya yang realistis saja,” ujarnya.

Meskipun berkomitmen mempertahankan gelar juara tiga, akan tetapi pihaknya tetap berupaya menaikkan target perolehan medali. Perolehan medali yang semula hanya meriah 49 emas, 59 perak dan 95 perunggu di Porprov  XII 2015 lalu, tahun ini perolehan medali emas ditargetkan 66, perak 50 dan perunggu 80. I Nyoman Artha Widnyana yang juga mantan Direktur Utama PDAM Buleleng ini juga menambahkan, dari rincian peningkatan medali tersebut dapat diperoleh dari potensi yang dimiliki para kontingen olah raga permainan dan olah raga bela diri.

“Seperti cabang olah raga atletik, balap sepeda, basket, bulu tangkis, judo, karate, inkai, panjat tebing, petanque dan renang,” jelasnya. Sementara itu, dari cabang olah raga bola voli dan sepak bola juga akan ditargetkan maju ke babak semifial yang selama ini belum pernah terpecahkan rekornya untuk mengait medali.

Lebih jauh pihaknya mengatakan telah melakukan persiapan fisik, mental, dan keahlian. Khusus untuk kondisi fisik, ratusan atlet tersebut 72 persen dalam kondisi baik. Sedangkan sisanya lagi 23 persen lagi masih diupayakan agar seratus persen kondisi fisik atlet buleleng siap bertanding.

“Persiapan sudah dilakukan dengan baik melalui pengkab dan Buleleng siap turun ke medan laga Porprov Bali di Gianyar dengan target realistis mempertahankan gelar juara tiga,” katanya. (ira)