Kaya Akan Protein, Kacang Hijau Diolah Jadi Jajanan Khas Bali

62

Singaraja (Bisnis Bali) –  Kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, karena mengandung banyak protein . Tidak heran para orang tua gemar mengolah kacang hijau, sebagai makanan selingan atau pendamping menu makanan sehari – hari seperti bubur.

Selain itu, kacang hijau selalu dapat menjadi santapan selingan kapanpun diinginkan. Masakan ini juga cukup mudah dijumpai disegala tempat dan lapisan masyarakat. Mulai dari lingkungan kerja hingga lingkungan anak kosan juga gemar mengkonsumsi kacang hijau. Bahkan, seiring perkembangan zaman, banyak inovasi yang bisa dilakukan dari kacang hijau ini, seperti minuman sari kacang hijau, es krim, hingga kue dengan sensasi rasa kacang hijau.

Seperti di salah satu kedai makan di kawasan Desa Pancasari Buleleng, terdapat kue laklak olahan masyarakat dengan sensasi kacang hijau. Meskipun terbilang aneh dari kue laklak pada umumnya, namun inovasi ini mampu menarik pecinta kuliner dari berbagai kalangan. Kue laklak memang menjadi jajanan favorit di Bali, apalagi dengan sensasi rasa berbeda dipadukan dengan gula aren serta parutan kelapa tentu kue yang satu ini tidak hanya sebagai jajanan pedesaan, namun sudah terkenal dibeberapa hotel sebagai hidangan prasmanan.

I Gede Rena Purdiasa, penggagas kue laklak kacang hijau ketika dijumpai di kedai Djaja Laklak beberapa waktu lalu mengatakan, tekstur kue yang lembut dipadukan dengan kacang hijau tentu memiliki rasa yang berciri khas. Olahan kue laklak kacang hijau ini, diciptakan selain bisa menikmati kacang hijau dengan cara yang berbeda juga menawarkan jajanan khas Bali dalam perkembangan zaman. Satu porsi hanya dibanderol Rp 5000, cukup terjangkau bagi semua kalangan.(ira)