BPR Berharap Dilibatkan dalam Penyaluran Kredit Mikro

42
KREDIT - BPR lebih banyak menyalurkan kredit ke sektor mikro. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam menggerakkan sektor mikro terutama saat perlambatan ekonomi,  pemerintah mencanangkan penyaluran kredit mikro. Ketua Yayasan Perbarindo Bali, Nyoman Sunarta Minggu (27/8) mengatakan, bank perkreditan rakyat (BPR) tentunya berharap bisa dilibatkan pemerintah dalam penyaluran kredit ke sektor mikro.

Ia menjelaskan, pemerintah mendorong menyalurkan kredit mikro seperti kredit usaha rakyat (KUR). Pemerintah telah memberikan subsidi bunga dalam penyaluran KUR.

Dipaparkannya, pemerintah juga memprogramkan penyaluran kredit ultra mikro. Program kredit mikro ini dananya dari pemerintah. Selanjutnya dana pemerintah melalui kredit ultra mikro ini disalurkan melalui PNM dan Pegadaian.

Lebih lanjut dikatakannya, program kredit mikro dari pemerintah bunganya relatif cukup rendah. Seperti KUR ditawarkan dengan bunga kredit 9 persen. Kredit ultra mikro ditawarkan dengan bunga 9-12 persen.  Program kredit bunga rendah ini mudah dijangkau masyarakat dan pasar UMKM.

Ia menegaskan, BPR berharap tetap dilibatkan dalam program pemerintah ke sektor mikro. Sesuai UU Perbankan, BPR sama dengan bank umum yang merupakan bank. (kup)