Sistem “Online” 2017, Penilaian Sehat Koperasi di Denpasar Melebihi 150 Unit

37

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar mulai tahun 2017 ini melakukan penilaian kesehatan koperasi secara online. Sistem ini memudahkan seluruh gerakan dalam proses penilaian dan hanya dengan meng-upload data melalui internet sudah online dengan tim penilai.

Hanya saja, kendala yang masih dihadapi berbeda sistem/program sehingga koperasi sulit meng-upload data ke sistem standar yang dipergunakan dinas. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, S.E., M.Si., didampingi Kabid Pengawasan Koperasi, IGA Yoni., Senin (21/8) kemarin di Denpasar.

Menurut Erwin Suryadarma sampai saat ini jumlah koperasi sebanyak 1.128 unit. Dari jumlah tersebut tiap tahunnya sudah dapat penilaian kesehatan secara bergilir. Tiap tahun juga sudah dilaksanakan penilaian kesehatan secara konvensional. Dengan jalan mendatangi langsung ke koperasi bersangkutan dan langsung melaksanakan penilaian di tempat. ”Jumlah yang dinilai juga salama satu tahunnya sampai di atas 125 unit koperasi. Dan di tahun ini baru penilaiannya menggunakan sistem online. Di Bali baru di Denpasar saja yang melakukan penilaian sistem online,” katanya sambil menegaskan sampai akhir  2017,  target di atas 150 unit koperasi akan rampung dinilai.

Erwin menambahkan, dari tahun ke tahun melaksanakan penilaian kepada koperasi yang ada di Denpasar selalu nilainnya sehat dan cukup sehat. Ke depannya Erwin mengharapkan semua koperasi yang dinilai hasilnya bagus. Maka itu, pemerintah terus mendorong dan melaksanakan pembinaan berseinambungan. Khususnya manajemen yang profesional, sehingga koperasi dapat berkembang pesat.

”Kami terus membina koperasi sekaligus melakukan penilaian sehingga terus mendapat pendampingan dan koperasi menjadi mandiri,” tegasnya.  (sta)