Promosi Pariwisata Bali Efektif lewat Marketing Digital

53
Kegiatan promosi digital dan kegiatan lomba internasional untuk menggaet wisatawan mancanegara ke Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah pusat menarget 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia 2019. Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, IB.Agung Partha Adnyana, Senin (21/8) mengatakan promosi pariwisata Bali melalui marketing digital, kunjungan wisatawan ke Bali akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Diungkapkannya, berdasarkan data dari The World Touris Organization (UNWTO) 63 persen dari semua kegiatan wisata dipesan, dibeli dan dijual dengan cara online. Tren marketing digital ini cenderung meningkat.
Ia menjelaskan usaha wisata dunia sekarang diarahkan oleh sosial media. Berdasarkan Tripadvisor Forum, ada 200 ulasan  per menit tentang produk pariwisata.
Dipaparkannya, dalam pemasaran pariwisata melalui marketing digital berdampak pada model tour operator berkurang. Data dari KPMG 49 persen tour operator mengalami penurunan. Sementara itu 24 persen tour operator besar telah tutup dimulai dari tahun 2011. Salah satu contoh pasar Eropa turun 2 persen.
Lebih lanjut dikatakannya, pariwisata ke depannya adalah pariwisata yang didorong oleh pasar independent. Pasar ini menggunakan cara-cara digital. Ini menggunakan promosi online sehingga mudah diterima pasar wisata independent. (kup)