Praktis dan Modern, Kamben Jadi ’’Wiron’’ Laris Manis di Pasaran

59

Mangupura (Bisnis Bali)- Kamben jadi tampaknya masih menjadi pilihan sebagian besar perempuan Bali saat ini. Selain praktis, kamben jadi juga memberikan kesan lebih modern pada pemakainya. Hal tersebut yang membuat kamben jadi selalu laris manis di pasaran.

Dewi, pemilik Dewi Busana di bilangan Jalan Raya Kerobokan, Kabupaten Badung menuturkan, saat ini ada tren baru kamben jadi yaitu, kamben jadi wiron. “Kamben jadi wiron ini cukup tinggi permintaan. Karena dari segi model memang ada modifikasi, ketimbang model sebelumnya yang hampir sama hanya berganti corak dan motif kain,” ucapnya. Kamben jadi wiron ini pada bagian bawah tidak berisi belahan, sehingga bila digunakan tidak menimbulkan kesan seksi ataupun tidak sopan.

“Dari segi bahan, kamben wiron terbuat dari kain batik. Kemudian agar pengguna dapat bergerak leluasa, bagian bawah yang biasanya berupa belahan di modifikasi menjadi lipatan – lipatan yang bisa melebar saat digunakan,” tukasnya. Dengan model yang berbeda ini, menjadi daya tarik bagi konsumen. Apalagi kaum perempuan cenderung tertarik untuk memiliki, setiap ada tren baru yang diluncurkan ke pasaran.

“Sebelumnya, permintaan kamben jadi sempat menurun, karena ada sejumlah larangan penggunaan kamben jadi ke Pura. Tapi menurut saya, kalau memang kamben jadi yang digunakan tidak terlalu ketat, belahan juga tidak tinggi dan terlihat sopan sah – sah saja, kalau digunakan ke Pura,” tandasnya. (pur)