Singaraja (Bisnis Bali) – Setelah berpuluh-puluh tahun tidak merasakan keberadaan listrik PLN di wilayahnya, warga Banjar Bhuana Sari, Buleleng akhirnya mendapatkan aliran listrik.  Pemasangan listrik yang dilakukan untuk merealisasikan listrik pedesaan ini disambut suka cita masyarakat.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Bali, I Gusti Ketut Putra  mengatakan, selama ini di lokasi tersebut rumah penduduk jarang serta pengajuan listrik ke PLN tidak pernah ada. Beberapa warga juga dikatakannya numpang listrik pada rumah tetangga lainnya dengan jarak ratusan meter. Hal ini yang menjadikan faktor lokasi tersebut baru bisa dialiri listrik. “Akses jalan pun baru ada sejak ada program ABRI Masuk Desa (AMD) ke lokasi tersebut. Kalau sudah ada pengajuan kami pasti akan segera survai lokasi dan kami segera realisasikan pengaliran listrik,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jika pengajuan listrik di wilayah tersebut baru dilakukan tahun lalu, dan baru bisa terelasisasi tahun ini, karena ada beberapa hal yang harus dilengkapi terutama untuk perluasan jaringan. Dikatakannya, dari 90 permohonan yang masuk ke PLN baru 81 permohonan listrik rumah tangga 900 VA yang bisa disambungkan. “Hal ini mungkin karena keterbatasan biaya masyarakat setempat untuk biaya penyambungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Manajer PLN Area Bali Utara, Ansats Pram Andreas Simamora mengatakan, untuk mengaliri listrik di wilayah tersebut, PLN menginvestasikan dana Rp 1,7 M untuk membangun jaringan.

Dalam acara peresmian yang berlangsung Jumat (18/8) lalu, Manajer PLN Rayon Seririt, Ida Bagus Surya Respati, menyampaikan, rasio elektrifikasi wilayah Seririt sampai dengan Juli 2017 sudah tercapai 82,67 persen dan diestimasikan mencapai 83,21 persen pada akhir tahun 2017. “Kami terus berusaha untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, meskipun medan sulit ditempuh, tetapi itu menjadi tantangan bagi kami,” ujarnya.

Peresmian lisdes disaksikan juga oleh Perbekel Wanigiri, Manajer PLN Area Bali Utara, dan perwakilan Manajemen Kantor PLN Distribusi Bali. (wid)