Mangupura (Bisnis Bali) – Guna mendukung kemajuan pertanian di Desa Penarungan, anggota DPRD Badung I Wayan Suyasa menyerahkan bantuan enam unit traktor kepada krama subak Penarungan, Jumat (18/8) lalu. Hadir dalam kesempatan tersebut, Perbekel Desa Penarungan Ni Wayan Kerni, Bendesa Adat Penarungan I Made Widiada, Pekaseh Subak Penarungan I Made Suka serta krama subak Penarungan.

Suyasa menjelaskan, bantuan enam unit traktor tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI yang difasilitasi olehnya bersama anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra yang membidangi pertanian. “Kami mengajukan 10 unit tetapi baru diberikan enam. Lagi empat akan diusahakan di perubahan,” katanya.

Sebagai wakil rakyat, katanya, dia akan berusaha memfasilitasi kebutuhan masyarakat khususnya petani yang ada di Penarungan. Pihaknya mengharapkan pertanian di Penarungan dapat tetap dipertahankan dan tidak tergerus oleh zaman sebagai ujung tombak pariwisata Badung. “Perhatian Pemerintah Kabupaten Badung selama ini sudah sangat bagus, apalagi sektor pertanian merupakan salah satu skala prioritas. Kami hanya memfasilitasi yang belum dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah,” jelas Ketua Komisi I DPRD Badung ini.

Suyasa mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada petani untuk bisa berbuat lebih cepat dan mandiri. Selain itu juga diharapkan dapat meringankan petani dalam menggarap sawah. “Karena sudah ada alat, mereka bisa menggarap sawah dengan cepat. Tentu hasilnya juga akan berdampak positif bagi mereka,” ujar Sekretaris DPD II Partai Golkar Badung tersebut.

Dengan bantuan ini, Suyasa berharap masyarakat petani bisa fokus di sektor pertanian untuk bisa meningkatkan taraf hidup. “Dengan bantuan ini, kami berharap sektoir pertanian tak lagi hanya dijadikan pekerjaan sampingan,” tegasnya. (sar)