Harapkan ST Terlibat Dalam Kegiatan Adat Bupati Giri Prasta Hadiri HUT Ke-30 ST Ulusari Banjar Sangut, Desa Carangsari

93
istHUT - Bupati Giri Prasta saat menghadiri HUT ke-30 ST Ulusari, Banjar Sangut, Desa Carangsari, Jumat (18/8) lalu

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengharapkan sekeha teruna (ST)  di Kabupaten Badung selalu terlibat dalam kegiatan adat yang dilaksanakan di desa. “ST harus mengikuti kegiatan adat seperti mareresik, serta masang wastra di pura. Apa pun kegiatan desa adat ST harus terlibat,” pinta Bupati Giri Prasta saat menghadiri HUT ke-30 ST Ulusari, Banjar Sangut, Desa Carangsari, Jumat (18/8) lalu. Puncak HUT ST ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati Giri Prasta didampingi anggota DPRD Badung Putu Alit Yandinata. Acara tersebut juga dihadiri Camat Petang beserta Tripika Kecamatan, Perbekel dan Bendesa Adat Carangsari, Bendesa Adat Anggungan Carangsari, ST dan Karang Taruna Carangsari.
Bupati Giri Prasta merasa bangga atas keberadaan ST di Badung. Kehadiran pemerintah di setiap kegiatan ST khususnya perayaan HUT ini karena sebagai orang tua, pemerintah harus memotivasi segala kegiatan yang dilaksanakan ST. Untuk itu, Bupati berkomitmen apa pun kebutuhan dalam mendukung kegiatan ST, Pemkab Badung akan siap membantu. “Sebanyak 532 ST di Badung kami siap membantu kebutuhan fasilitas yang diperlukan, seperti gong, sarana olah raga termasuk alat musik bila dibutuhkan. Meskipun bantuannya kecil, manfaatnya sangat luar biasa besar,” tegasnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari ST dari kegiatan mabuk-mabukan yang akan mengganggu ketertiban umum, tidak ikut-ikutan geng motor, serta terhindar dari penyalahgunaan obat-obat terlarang (narkoba). Bupati juga meminta kepada ST dan seluruh masyarakat Carangsari agar tetap bersatu dan mendukung program-program Pemkab Badung. Selain itu Bupati ingin menggali potensi Desa Carangsari yang sudah terkenal dengan objek wisatanya. Ke depan potensi ini akan dikembangkan melalui desa wisata yang didukung oleh potensi wisata alam di Carangsari. “10 tahun ke depan wisata alam akan diminati oleh wisatawan. Untuk itu perlu dikembangkan wisata alam di Carangsari serta memberdayakan kelompok sadar wisata (pokdarwis), sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.
Ketua ST Ulusari, Yande Udiana melaporkan, kegiatan yang dilaksanakan serangkaian HUT ST di antaranya jalan santai, makan krupuk, lari karung, tarik tambang, panjat pinang,serta banyak lagi perlombaan lainnya. Sementara pada puncak HUT dimeriahkan dengan pentas tari, senam lansia, dance anak, serta musik. Juga diserahkan sembako kepada para lansia dan serah terima kepengurusan ST.

Perbekel Carangsari I Nyoman Artawa  menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati dan DPRD dalam perayaan HUT ST ini. Ia mengakui program Bupati sudah sangat dirasakan oleh masyarakat Carangsari. Terutamanya program kesehatan dan pendidikan gratis serta dukungan dana dari pemerintah guna pelestarian seni,adat dan budaya. Terlebih sekarang Bupati sudah membantu berdirinya TK Hindu di Carangsari. Anak-anak yang sekolah di TK ini dibiayai penuh oleh pemerintah alias gratis. “Visi dan misi Bupati sudah semuanya dilaksanakan. Kami sudah sangat merasakan program dari Pemkab Badung. Atas nama masyarakat Desa Carangsari berterima kasih karena kami sangat diperhatikan,” tambahnya. (ad 1.708)