Singaraja (Bisnis Bali ) – Memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, melaksanakan Upacara Bendera Detik-detik Proklamasi yang digelar di Taman Kota Singaraja, Kamis (17/8).

Tepat pukul 10.00 Wita, sirene berbunyi menandai bahwa upacara dimulai. Upacara ini diikuti oleh berbagai instansi dan komponen masyarakat, pelajar, mahasiwa, PNS, TNI dan POLRI.

Sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG., sedangkan Komandan Upacara Lettu.Inf. Oky Chandra, dari Kompi Bantuan Air Sanih. Berada di deretan kursi kehormatan para undangan antara lain Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnayana,ST., Sekda Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP., FKPD, Pimpinan OPD, para veteran yang tergabung dalam LVRI.

Sementara untuk pengibar bendera dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dikukuhkan oleh Wabup Sutjidra di Lobi Athiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng, Rabu (16/8) lalu, dan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna.

Ditemui usai Upacara Bendera, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana,ST., mengatakan siap mengimplementasikan tema HUT ke -72 Kemerdekaan RI, yakni Indonesia Kerja Bersama. “Semua orang harus menyadari semangat kebersamaan dan rasa persatuan harus dikedepankan, kami dari Pemerintah Daerah tentunya akan mengawal dan mengimplementasikan motto dari HUT ke-72 RI,” tegas Bupati Suradnyana.

Ia mengatakan, selama ini rasa kebersamaan dan memiliki di Buleleng sudah berjalan dengan baik. Ini terlihat dari meriahnya tiap kegiatan yang diadakan di Buleleng. Bukan hanya itu, konflik yang dulunya sering terjadi sudah tidak ada lagi. “Salah satu contoh kecil seperti konflik tapal batas yang dulu sering terjadi sekarang sudah mulai berkurang, tentunya ini dilandasi oleh kebersamaan sehingga Buleleng tetap aman, nyaman dan sejahtera,” tutupnya. (ira)