Gede Ngurah Yudiantara Kerja Keras

93

KOPERASI memiliki peranan strategis mendorong perekonomian bangsa. Terbukti koperasi sebagai soko guru ekonomi kerakyatan. Peran strategis dapat dilaksanakan dengan mampu membuktikan dalam mengelola koperasi dengan modal kerja keras dan jujur.

Hal penting lainnya akan datang dengan sendirinya dalam membangunan mendorong perekonomian bangsa. Pasalnya, dengan modal kerja keras dan kejujuran dan dilaksanakan secara transparan, maka kepercayaan anggota dan masyarakat umumnya akan makin meningkat. Hal ini selalu disosialisasikan dalam setiap pertemuan pemerintahan dengan gerakan koperasi di Kabupaten Karangasen.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karangasem, Ir. I Gede Ngurah Yudiantara, M.M., menyebutkan, mengelola koperasi memang perlu modal usaha yang cukup, karena modal menentukan peraihan keuntungan berupa sisa hasil usaha (SHU). Namun demikian, yang terpenting sebenarnya untuk memperlancar dan cepat besarnya koperasi adalah modal kerja keras. Para pengelola mampu memanajemen usaha koperasi secara profesional. Termasuk melaksanakan transparansi manajemen. ”Kerja keras dan kejujuran pengelola sangat menentukan perkembangan koperasi,” katanya.

Ia menambahkan, mengelola koperasi, khususnya koperasi jenis simpan pinjam (KSP) diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang andal. Apalagi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah dibuka, jadi persaingan akan makin ketat. (sta)