Buka Kantor Cabang di Tabanan KSP Ema Duta Mandiri Sasar UKM  

1080
DIRESMIKAN - Peresmian kantor cabang KSP Ema Duta Mandiri yang baru oleh I Gede Indra, S.E., M.M. didampingi Kabid Kelembagaan Diskop Tabanan dan Ketua Pengurus KSP Ema Duta Mandiri.

Tabanan (Bisnis Bali) – Bertepatan dengan peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ema Duta Mandiri buka cabang ke-3 di Kabupaten Tabanan. Pembukaan kantor cabang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno, Banjar Anyar Kediri Tabanan ini setelah sebelumnya memperoleh surat izin pembukaan kantor cabang No. 518/518/ Diskop Kabupaten Tabanan dan surat izin pembukaan kantor cabang No. 518/574/Diskop Provinsi Bali.

Pembukaan dihadiri Kabid Bina Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra, S.E., M.M., Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan Ni Nyoman Yudiani, Dekopinwil Provinsi Bali, dan Dekopinda Kabupaten Tabanan. Dihadiri pula pengurus/pengawas/manajer serta karyawan KSP Ema Duta Mandiri.

Ketua Pengurus KSP Ema Duta Mandiri, I Wayan Murja, S.E., M.M. di sela-sela peresmian kantor cabang di Kabupaten Tabanan, Kamis (17/8) kemarin mengungkapkan, dengan dibukanya kantor cabang di Kabupaten Tabanan, saat ini KSP Ema Duta Mandiri memiliki empat kantor. Satu kantor pusat di Kota Denpasar, dua kantor cabang di Kabupaten Gianyar dan Tabanan, dan satu kantor cabang pembantu di Sesetan (Denpasar Selatan).

“Pembukaan kantor cabang di Kabupaten Tabanan ini telah mengeluarkan investasi modal mencapai Rp 443,92 juta per Juli 2017. Di antaranya untuk sewa gedung hingga pengadaan aset,” tuturnya.

Jelas Murja, sesuai visi dan misi untuk menjadi koperasi besar terbaik berkualitas, dapat memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat ekonomi maikro kecil dan menengah dengan berperan aktif di bidang peningkatan pembangunan ekonomi di seluruh Provinsi Bali, maka dengan penambahan jaringan kantor melalui pembukaan kantor cabang baru ini akan menunjang visi dan misi tersebut. Melalui pelaksanaan langkah-langkah kongkret di antaranya pengembangan pelayanan, menumbuhkan anggota, menumbuhkan usaha, menumbuhkan lapangan kerja, membantu pemerintah, dan misi sosial atau CSR.

Sambungnya, saat ini di tengah ketatnya persaingan lembaga keuangan, tetap berkontribusi pada pertumbuhan anggota. Contohnya, sebelum pembukaan kantor cabang di Kabupaten Tabanan, KSP Ema Duta Mandiri melayani anggota yang berasal dari Kabupaten Tabanan mencapai 69 orang, per Juli 2017 lalu. Jumlah tersebut meningkat menjadi 79 orang atau bertambah 14,49 persen. Lanjut Murja, kondisi tersebut sekaligus menambah jumlah total anggota mencapai 2.620 orang sampai Juli 2017 lalu.

“Hingga akhir 2017 kami optimis penambahan anggota akan terus terjadi, minimal 200 orang  akan tercapai sesuai dengan rencana,” ujarnya.

Paparnya, seiring dengan pertumbuhan anggota, pertumbuan secara keseluruhan juga terjadi pada sisi pos-pos utama keuangan yang tumbuh baik dibandingkan pada 2016 lalu. Hingga Juli 2017 aset mencapai Rp 55,33 miliar atau tumbuh Rp 3,54 miliar atau 6,84 persen dari akhir tahun lalu. Begitu pula di sisi perolehan SHU mencapai Rp 1,13 miliar periode yang sama.

Sementara itu, I Gede Indra yang membuka secara resmi kantor baru KSP KSP Ema Duta Mandiri menyambut baik dibukanya kantor cabang KSP Ema Duta Mandiri. Dengan begitu, layanan kepada anggotan bisa menjadi lebih cepat dan mudah, khususnya untuk diwilayah Kabupaten Tabanan.

Seiring dengan hal tersebut, harapannya, kinerja KSP Ema Duta Mandiri bisa lebih meningkat karena sebagai koperasi level provinsi anggotanya adalah kabupaten/kota se-Bali, bisa kembali membuka atau memperbanyak kantor cabang di beberapa kabupaten/kota yang lainnya. (ad 1.698)