Denpasar (Bisnis Bali) – Memaknai Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mendorong akselerasi program pembangunan, khususnya yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat. Harapan itu disampaikan Pastika dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Pramuka, di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Senin (14/8).

Gubernur Pastika mengajak seluruh komponen masyarakat menjadikan peringatan hari jadi sebagai momentum untuk mensyukuri dan memahami perjalanan panjang Provinsi Bali dalam menghadapi dinamika sosial kemasyarakatan yang berkembang semakin kompleks. Sementara, bagi Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota, peringatan hari jadi ini merupakan momentum evaluasi atas sinergitas pelaksanaan program pembangunan secara menyeluruh.

“Sejauh ini pemerintah provinsi dan kabupaten/kota telah banyak menuai prestasi. Berbagai indikator statistik kemajuan pembangunan menunjukkan bahwa Daerah Bali telah meraih hasil atas upaya optimal dalam pelaksanaan pembangunan,” ujarnya. Namun Pastika mengingatkan agar berbagai capaian tersebut tak membuat pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota terlena dan berpuas diri karena masih banyak permasalahan pembangunan dan kemasyarakatan yang mesti diselesaikan.

Kata Pastika, dinamika sosial-global bergerak sangat cepat dan kompleks dan berpotensi menimbulkan permasalahan baru sehingga membutuhkan antisipasi yang cepat dan tepat. “Saya harapkan jajaran birokrasi pemprov dan kabupaten/kota se-Bali proaktif dan responsif dalam menyikapi  kondisi yang berkembang saat ini. Optimalkan fungsi pelayanan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sejalan dengan itu, Pastika juga mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal program pembangunan yang tengah berjalan. Pemprov Bali memberi ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengkritisi kebijakan dan program pemerintah agar masyarakat ikut merasa memiliki dan ikut berbangga dengan program pembangunan dan hasil-hasilnya.

Tema peringatan HUT yaitu ‘Melalui Semangat Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali, Kita Tuntaskan Bali Mandara Jilid 2’ menurut Pastika mengandung spirit bagi seluruh komponen masyarakat Bali untuk memantapkan komitmen dalam menyukseskan pembangunan daerah. (pur)