Bibit Jeruk Madu harus Order Dulu

105

KEUNGGULAN jeruk madu, dari segi rasa membuat jeruk madu makin diminati. Tidak hanya buah jeruk madu yang makin dicari pelanggan namun bibit jeruk madu juga makin banyak permintaan. Namun untuk memperoleh bibit jeruk madu ini masih agak sulit dan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Untuk membuat bibit jeruk madu ini, I Gusti Ngurah Alit, petani jeruk Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem memaparkan pihaknya menggunakan batang bawah jeruk siam. ”Membuat bibit jeruk madu membutuhkan waktu lama karena harus menyiapkan batang bawah terlebih dahulu. Setelah batang bawah siap dan tumbuh baik, baru kami tempel dengan jeruk dari Malaysia,” tuturnya. Karenanya, untuk menjadikan bibit ini siap tanam memang membutuhkan waktu.

“Jadi bagi mereka yang ingin menanam jeruk madu memang harus bersabar menunggu bibit jadi. Pihaknya belum berani membuat bibit dalam jumlah besar,” tukasnya.

Namun pihaknya menyatakan prospek jeruk madu ini cukup bagus karena belum terlalu banyak yang membudidayakan.

Karena masih langkanya bibit jeruk madu ini harganya masih cukup tinggi yaitu mulai Rp 60 ribu tergantung ukurannya. “Jeruk madu ini cocok dikembangkan di dataran rendah dengan cuaca panas. Ditanam dalam pot juga sangat cocok, bila dirawat dengan baik,” tandasnya. (pur)