Air Terjun Jambangan Desa Tamblang mulai Ditata

204
AIR TERJUN - Air terjun Jambangan di Desa Tamblang. (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Buleleng memiliki potensi wisata alam yang melimpah. Seperti di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan Buleleng, saat ini mulai dilakukan penataan terhadap potensi yang ada. Seperti potensi air terjun Jambangan salah satunya, ini merupakan yang pertama di Desa Tamblang dan akan dikembangkan menjadi objek wisata. Air terjun Jambangan ini berada di Dusun Klampuak, Desa Tamblang, Kelian Desa Pakraman Klampuak, Made Suka Astawa, Senin (14/8) mengatakan, potensi wisata di Desa Tamblang diakuinya cukup besar. Seperti air terjun ini salah satunya, untuk mendorong pariwisata di Bali Utara, pihaknya bersama dengan warga masyarakat bergotong royong membuka akses jalan agar air terjun Jambangan dapat dikunjungi wisatawan. “Untuk dapat dikunjungi kebetulan kami sudah bergotong royong bersama warga selama dua hari agar bisa membuka akses jalan supaya menembus air terjun, jadi kami memang sangat terbantu ada potensi pariwisata,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, selain air terjun Jambangan, masih ada tiga air terjun lainnya yang masih perlu dikembangkan, yakni air terjun Carat, air terjun Payuk dan air terjun Kembar. Dikatakan, keempat air terjun ini memiliki bentuk yang sesuai dengan namanya. Namun, di antara keempat air terjun tersebut, air terjun Jambangan yang paling mudah diakses dari jalan utama Singaraja-Kintamani. “Nama air terjun itu tidak kita buat begitu saja akan tetapi sudah dari dulu para leluhur memberikan nama menurut bentuk dari pada air terjun tersebut,” katanya.

Meski baru beberapa bulan dicoba untuk diperkenalkan, namun beberapa orang yakni wisatawan lokal sudah mulai berkunjung ke air terjun Jambangan. Saat ini, sudah ada beberapa wisatawan lokal yang berkunjung ke air terjun Jambangan. Tentu diharapkan ke depan potensi ini dapat lebih dikembangkan. Bahkan, pihaknya memastikan aman bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin mandi sembari menikmati sejuknya  air terjun Jambangan ini. “Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang dimulai dikembangkan menjadi wisata alam di Desa Tamblang, ke depan 2018 air terjun Jambangan menjadi prioritas pembangunan objek wisata di Desa Tamblang,” katanya. (ira)