Denpasar (Bisnis Bali) – Semarak HUT ke-72 Kemerdekaan RI 2017 dengan berbagai kegiatan digelar dari tingkat lingkungan banjar, kecamatan hingga tingkat Kota Denpasar. Seperti di Kecamatan Denpasar Utara yang merangkaikan berbagai kegiatan pada Minggu (13/8), mulai kegiatan sepeda hias dengan melibatkan siswa sekolah dan komunitas Sepeda Samas hingga kegiatan jalan santai yang digelar warga Banjar Tag-tag Peguyangan.

Seluruh rangkain kegiatan ini dilepas Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede dan Camat Denpasar Utara, I Nyoman Lodra.

Tampak peserta sepeda hias yang diikuti ratusan siswa SD-SMP di Kecamatan Denpasar Utara berkumpul di Lapangan Lumintang, Denpasar. Berbagai hiasan sepeda merah putih, burung garuda hingga hiasan tulisan Dirgahayu ke-72 RI mengelilingi rute sekitar Kecamatan Denpasar Utara. Salah satu peserta Putu Ari Sintya Dewi dari SDN 20 Denpasar mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan sepeda hias kali ini. Bersama puluhan temannya, Sintya Dewi mengaku telah menghias sepeda selam dua hari yang dibantu ayahnya dengan hiasan burung garuda dan kertas warna merah putih. “Sepeda yang saya pakai sehari-hari saya hias bersama ayah dengan kertas jagung dan burung garuda dari kertas karton,’’ ujarnya.

Wali Kota Rai Mantra, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-72 RI. Tidak hanya kegiatan jalan santai dan sepeda hias, namun dari lingkungan masyarakat digelar kegiatan sosial dan kebersihan lingkungan, yang nantinya seluruh rangkaian kegiatan ini akan dikemas Pemerintah Kota Denpasar dengan kegiatan semarak Merah Putih dengan menggelar berbagai hiburan rakyat yang dipusatkan di Lapangan Lumintang.

“Pada 17 Agustus, di Lapangan Lumintang akan kami gelar Upacara Bendera serta malam harinya akan kami kemas dengan berbagai hiburan budaya yang menghadirkan musisi Bali dan lawak,’’ ujar Rai Mantra.

Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodra mengatakan, kegiatan sepeda hias kali ini bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar melibatkan ratusan siswa sekolah di Kecamatan Denpasar Utara. Di samping itu, juga digelar kegiatan kebersihan di lingkungan banjar hingga kegiatan jalan santai. Pada 16 Agustus mendatang juga akan digelar pawai obor dipusatkan di Lapangan Lumintang. (sta)