Puding Kelor untuk Anak Tak Suka Sayur

302

Denpasar (Bisnis Bali)- Anak-anak sering kali tidak menyukai sayur, padahal kondisi tersebut dapat menghambat tumbuh kembang anak. Untuk itu para ibu harus pandai untuk mencari strategi, agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah, mengolah sayur-mayur menjadi makanan sehat dan disukai anak-anak.

Seperti sayur kelor yang dapat dijadikan puding kaya nutrisi, dan bermanfaat untuk kesehatan buah hati. Rai Astiti, tenaga pelaksana gizi di Puskesmas I Denpasar Timur mengungkapkan, puding kelor ini merupakan olahan lezat dan sehat bagi buah hati. Apalagi kandungan gizi kelor sangat luar biasa.

“Tanaman kelor yang tumbuh subur dilahan kosong atau pekarangan rumah,  memiliki banyak manfaat sebagai tanaman obat sehingga sering dijuluki raja tanaman obat. Biasanya kelor dijadikan olahan masakan yang hanya disukai oleh orang dewasa,” tukasnya. Namun saat ini kelor bisa diolah menjadi makanan sehat seperti puding. Inovasi ini diterapkan oleh salah satu posyandu di bawah binaan Puskesmas I Denpasar Timur.

Inovasi ini pun yang mengantarkan tenaga kesehatan Rai Astiti, sebagai tenaga kesehatan teladan bidang gizi 2016 tingkat Provinsi, menuju tingkat nasional. Menurutnya, puding kelor dapat dikonsumsi oleh balita dari usia enam bulan hingga orang dewasa. Daun kelor pun memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Untuk membuat puding kelor cukup mudah, siapkan bahannya terlebih dahulu seperti 150 gram gula pasir, 55 gram susu, 7 gram agar-agar  atau satu bungkus dan yang utama 100 gram daun kelor, serta garam dan air secukupnya. “Cara membuatnya, cuci daun kelor terlebih dahulu, lalu rebus air sekitar 1,5 gelas hingga mendidih. Kemudian masukkan daun kelor selama sekitar 5 menit dan angkat,” tuturnya. Setelah dingin  haluskan daun kelor bersama airnya dengan cara diblender. Tahap selanjutnya masukan gula, agar – agar dan tiga gelas air ke dalam panci lalu rebus sambil diaduk.  Jangan lupa masukkan susu bubuk yang sudah dicairkan agar tidak menggumpal. Tuangkan daun kelor dan airnya yang telah dihaluskan tersebut. Setelah mendidih matikan kompor, lalu masukkan garam secukupnya dan olahan puding yang sudah hangat masukkan dalam cetakan puding. Tunggu puding hingga mengeras dan puding daun kelor pun siap dinikmati. Puding ini sangat cocok diberikan pada anak yang tidak menyukai sayur, sehingga asupan sayur bisa dinikmati dalam bentuk puding yang enak. Orang dewasapun menyukai olahan kelor sederhana tersebut, karena puding kelor memiliki nutrisi baik bagi tubuh. Selain mudah dibuat  untuk camilan sehat keluarga, puding ini juga enak dikonsumsi.(pur)