Bupati Giri Prasta Tutup Porsenides Sembung

140
istDITUTUP - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menutup kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Desa (Porsenides) Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Sabtu (12/8) lalu di Lapangan Sembung.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menutup kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Desa (Porsenides) Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Sabtu (12/8) lalu di Lapangan Sembung. Acara tersebut dihadiri Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra beserta tripika kecamatan, tokoh dan masyarakat Desa Sembung. Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan piala kepada para pemenang lomba dan piala kepada juara umum yang diraih Banjar Pempatan. Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga Sembung penyandang disabilitas.
Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Porsenides Sembung. Menurutnya, kegiatan ini sangat sejalan dengan program prioritas Pemkab Badung terutamanya di bidang seni budaya, karena Pemkab Badung sangat komit dan mendukung urusan dengan seni, adat, agama dan budaya. “Apa pun kebutuhan di banjar maupun sekeha teruna, baik itu gong, sarana olahraga termasuk alat musik akan kami bantu,” tegasnya.

Bupati menginginkan para generasi muda/sekeha teruna melakukan kegiatan positif dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti  mabuk-mabukan, masuk geng motor, serta narkoba. Sementara mengenai penyandang disabilitas, pemerintah juga komit dan sudah mengambil kebijakan semua kebutuhan penyandang disabilitas menjadi tanggung jawab pemerintah. Di samping itu terkait dengan masyarakat yang membutuhkan bedah rumah, tahun ini akan segera direalisasikan. Untuk bedah rumah per orang mendapat bantuan Rp55 juta, rehab berat Rp30 juta dan rehab ringan Rp15 juta. Dirargetkan pada tahun 2018 nanti bedah rumah sudah tuntas, masyarakat memiliki rumah sehat.
Perbekel Sembung, I Made Kariana melaporkan, kegiatan Porsenides Sembung telah dibuka pada 6-12 Agustus. Kegiatan yang melibatkan sembilan banjar dinas ini melombakan, lomba lari karung, bola voli, tenis meja, senam lansia, tarik tambang, panjat pinang, lomba lamak, lomba Utsawa Dharma Gita tingkat SD serta jalan santai berhadiah. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Sembung. Porsenides kali ini mengangkat tema “Melalui Porsenides tahun 2017 dan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72, mari kita tingkatkan sportivitas, solidaritas antarwarga Desa Sembung”. Juara umum diraih oleh Br.  Pempatan.

Melalui Porsenides ini diharapkan dapat mempererat rasa kebersamaan masyarakat antarbanjar, menjaring bibit berbakat baik di bidang olah raga maupun seni, membentuk generasi kuat sehingga mampu berprestasi di tingkat lebih tinggi. (sar)