Bupati Giri Prasta Dukung Nyekah Masal Desa Adat Tiyingan

149
istMASAL - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri rangkaian upacara nyekah masal di Desa Adat Tiyingan, Desa Plaga, Kecamatan Petang, Sabtu (12/8) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri rangkaian Upacara Nyekah Masal di Desa Adat Tiyingan, Desa Plaga, Kecamatan Petang, Sabtu (12/8) lalu. Turut hadir anggota DPR RI I Wayan Koster, Alit Kusuma Kelakan, Camat Petang IB Nata Manuaba beserta Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Plaga Gst. Lanang Umbara, Perbekel Belok Sidan I Wayan Rumawan, kelian dinas dan adat se-Desa Plaga serta tokoh masyarakat, bertempat di Balai Banjar Tiyingan.
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan apresiasi karena masyarakat Desa Adat Tiyingan telah melaksanakan rangkaian upacara nyekah masal. “Pemerintah Kabupaten Badung akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat,” katanya. Pihaknya bahkan berharap masyarakat tidak ada lagi mengeluarkan urunan dalam kegiatan adat, yadnya bahkan untuk pembangunan. Bupati memaklumi kebanyakan waktu masyarakat habis di adat serta dana masyarakat kebanyakan habis untuk melakukan yadnya. Karena itu, pemerintah hadir untuk meringankan beban masyarakat. Lebih lanjut Giri Prasta menyampaikan, keinginannya agar segala kegiatan adat dan agama di Badung masyarakat tidak sampai mengeluarkan urunan, hanya pihaknya berharap agar dalam kegiatan adat dan agama masyarakat selalu kompak, bersatu, selunglung sebayantaka.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan upakara Rp 440 juta dan Perbekel Plaga Gst. Lanang Umbara Rp 60 juta.
Sementara itu Ketua Panitia I Wayan Wintra melaporkan, jumlah sawa 33 diri di antaranya perempuan 17 diri dan laki-laki 16 diri serta yang nglungah 25 diri. Adapun dana untuk melakukan upakara yadnya ini bersumber dari urunan pemilik sawa yang masing-masing Rp 14,5 juta dan yang mengikuti nglungah Rp 500.000, sehingga terkumpul dana Rp 491 juta. (ad 1.680)