Budi Daya Jeruk Madu Cocok di Daerah Panas

130

JERUK madu, dari segi penampilan tidak jauh berbeda dari jeruk pada umumnya. Namun dari segi rasa, jeruk yang satu ini lebih unggul dari jeruk yang lain. Rasanya sangat manis dan jeruk yang aslinya datang dari Malaysia ini diberi nama jeruk madu.

I Gusti Ngurah Alit, petani jeruk Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem menuturkan sudah 7 tahun memperoleh bibit jeruk ini di Sulawesi. “Saat saya temukan bibit jeruk ini namanya jeruk Malaysia nonbatu, karena tidak ada batunya. Kemudian bibit tersebut dikembangkan di daerah Malang, masih tanpa batu namun setelah ditanam di Bali menjadi berbatu, tetapi dari segi rasa tidak ada perubahan,” tuturnya.

Pengembangan jeruk madu ini diakui awalnya dilakukan di daerah Kintamani, karena petani di sana menanam jeruk siam yang sudah besar kemudian bagian atasnya dipotong dan ditempelkan dengan jeruk madu. “Mungkin proses tempel ini yang mengakibatkan jeruk yang awalnya tanpa batu, menjadi berbatu. Tetapi dari segi rasa sangat manis sehingga saya beri nama jeruk madu,” tukasnya.

Setelah dikembangkan di Kintamani, kemudian jeruk ini baru dikembangkan di Besakih.

Berbeda dari jenis jeruk lainnya yang menyukai daerah dingin, jeruk madu ini malah lebih baik ditanam di dataran rendah yang cuacanya panas. “Jeruk madu ini kalau ditanam di Klungkung, Gianyar dan lainnya, rasanya lebih enak dan lebih manis ketimbang ditanam di daerah dingin. Dengan begitu, ini sangat prospektif untuk dikembangkan di daerah tersebut,” ucapnya.

Budi daya jeruk madu menggunakan jarak tanam 2 x 2 meter. Untuk pemeliharaan tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan penyiraman secara rutin sehingga memang disarankan untuk menanam saat musim hujan. Kalau tanaman sudah mulai tumbuh akar, tidak perlu disiram lagi kecuali kemarau panjang sekali. Meski demikian saat kemarau tanaman dapat menyerap embun saat malam hari. Dalam waktu dua tahun jeruk madu sudah bisa berbuah. “Sebaiknya setelah berbuah tanaman diberikan pupuk, jadi cepat berbuah lagi. Jeruk ini tidak mengenal musim, dan akan rajin berbuah bila diberikan pupuk,” katanya. Meski diakui untuk panen raya terjadi pada Agustus. (pur)