Lomba Perahu Layar Promosikan Pariwisata  

229
LAYAR - Lomba perahu layar yang diikuti peserta wisatawan asing.   (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 berbagai kegiatan didilakukan seperti upacara peringatan Hari Kemerdekaan dan gerak jalan. Namun, tidak ketinggalan untuk pelaku pariwisata salah satunya nelayan yang ada di pesisir Buleleng juga turut memeriahkan dengan mengikuti lomba perahu layar (jukung) yang turut mengangkat dan memperkenalkan salah satu wisata bahari di Buleleng.

Sepanjang pesisir di Buleleng mulai dari Pantai Kerobokan hingga Pantai Lovina dipadati pengunjung yang menyaksikan atraksi tahunan dari para nelayan pesisir Buleleng. Lomba perahu layar yang diikuti oleh 80 peserta ini tidak hanya diikuti oleh nelayan selaku masyarakat lokal, juga terdapat satu wisatawan asing yang turut sebagai peserta lomba perahu tahun ini.

Lomba perahu layar ini cukup memukau wisatawan khususnya di kawasan objek wisata bahari di Pantai Lovina yang ditentukan sebagai finish. Tampak ribuan pengunjung masyarakat lokal dan wisatawan Nusantara dan mancanegara memadati pesisir Lovina untuk menyaksikan atraksi unik perahu layar yang digelar Pemkab Buleleng melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng.

Menurut Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Kamis (10/8), selain lomba perahu layar ini sebagai upaya Pemkab Buleleng dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, juga momentum lomba perahu layar ini bisa dimanfaatkan untuk mengundang wisatawan untuk hadir ke Buleleng. “Ada salah satu peserta lomba, yakni warga negara asing (WNA) yang mengikuti lomba kali ini. Hal ini harus bisa dimanfaatkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan untuk menambah minat wisatawan datang ke Buleleng. Nanti Diskanla harus bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan lomba ini lewat media,” katanya. (ira)