Tanamkan Cinta Tanah Air Anak-anak TK Ikuti Pawai Kebangsaan

387
Ratusan anak-anak  TK mengikuti pawai Kebangsaan Anak TK Kabupaten Gianyar yang di lepas Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata di depan Kantor Bupati Gianyar, Rabu (9/8). (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Diawali dengan drum band dari anak-anak TK Santa Maria Ratu Rosari Gianyar,  ratusan anak-anak  TK mengikuti pawai Kebangsaan Anak TK Kabupaten Gianyar yang dilepas Bupati Gianyar, A.A Gde Agung Bharata, di depan Kantor Bupati Gianyar, Rabu (9/8).

Pawai Kebangsaan yang menampilkan berbagai jenis pakaian adat dari seluruh wilayah Indonesia ini, diikuti sekitar 350 anak TK perwakilan anak-anak TK se-Kabupaten Gianyar. Seperti ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Drs. I Made Suradnya, M.Si., pawai kebangsaan adalah bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman adat istiadat dari masing-masing daerah di Indonesia melalui pakaian adat yang dikenakan.

Selayaknya anak-anak, pada parade kali ini juga tidak terlepas dari tingkah lucu dan spontan dari peserta yang mengundang gelak tawa. Tak terkecuali, Bupati Gianyar, A.A Gde Agung Bharata beserta undangan lain dibuat tertawa. Seperti salah satu anak TK perwakilan dari Kecamatan Tegallalang, sementara teman-teman lainnya meneriakan yel-yel kemerdekaan,  dia asyik berjoget mengikuti irama lagu yang menjadi pengiring parade. Tidak hanya itu, masih banyak lagi kelucuan-kelucuan dari anak-anak TK peserta pawai.

Bupati Gianyar, A,A Gde Agung Bharata, pada kesempatan itu mengaku sangat senang melihat anak-anak keceriaan anak-anak. Ini membuktikan bahwa mereka sangat sehat, senang dan bahagia. Pawai kebangsaan ini juga sangat penting untuk mengajarkan rasa cinta tanah air pada anak-anak sejak dini.
“ Jika rasa itu ditanamkan sejak kecil, kelak jika mereka dewasa mereka akan berusaha memberikan yang terbaik bagi bangsa dan daerahnya,” tegas Bupati Agung Bharata.

Apalagi saat ini Kabupaten Gianyar telah meraih predikat Nindya sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), yakni segala kebutuhan anak baik itu fisik, kesehatan, keamanan, pendidikan, kebebasan berkreasi dan beraktifitas semuanya telah diupayakan untuk dipenuhi. Bupati Agung Bharata juga mengajak segenap masyarakat untuk selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anak-anak. (kup)