Ayu Saraswati Manajemen Usaha Penting

150
Ayu Saraswati

MEMILIKI skill merupakan salah satu modal untuk terjun ke dunia usaha, namun tidak cukup dengan itu saja. Ketika ingin usaha yang dimiliki terus berjalan dan terus mengalami pengembangan, pengetahuan tentang manajemen sangatlah penting. Seperti halnya kemampuan memasarkan keahlian ataupun produk yang dimiliki, mengatur keuangan, serta mengatur perusahaan termasuk SDM.

Hal ini diungkapan wanita cantik yang bernama Ayu Saraswati untuk memacu semangat berwirausaha bagi perempuan, pada acara Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin (TRP) dan Tata Kecantikan Kulit (TKK), di wantilan Gedung Pers Ketut Nadha, Minggu (6/8) kemarin. “Dalam dunia usaha, skill sangat penting, namun kita juga dituntut generalis yang kita juga harus tahu apa itu marketing, HRD serta bagaimana mengatur keuangan. Seperti halnya keuangan, yang kita harus mampu memisahkan antara khas pribadi dan usaha,” katanya.

Dijelaskannya, saat berada di dunia usaha, seseorang harus mampu mencatat dengan detail pemasukan dan pengeluaran. Kemudian lebih tegas dijelaskannya dalam dunia usaha seorang pengusaha juga harus mengawasi aset atau harta yang dimiliki, bagaimana memanajemen pengaturan keuangan, mengawasi utang, modal serta inventaris lainnya. Seperti halnya dalam dunia usaha tata rias, dikatakannya, kepemilikan make up tentu menjadi modal atau harta. Di sini yang sangat perlu diperhatikan, jangan sampai make up yang digunakan rusak, demikian juga utang dikatakannya harus selalu diawasi, jangan sampai utang makin banyak.

“Kita harus bisa memerhatikan semuanya, dan kita  bisa mengalokasikan mana dana untuk pengembangan modal, pengembangan pengetahuan dan sebagainya, yang harus dipersiapkan dari sebelumnya. Demikian juga naik turun pemasukan pasti akan ada, sehingga kita harus bisa mengatur dan tidak merasa punya banyak uang pada saat usaha sedang ramai, karena akan ada juga waktu sepinya pemasukan,” tuturnya.

Disinggung soal bagaimana cara memotivasi masyarakat untuk mau memulai sebuah usaha, dia mengatakan, perempuan harus berani mempromosikan keahliannya masing-masing mulai dengan mempromosikan pada orang-orang terdekat. Selain itu dia juga mengatakan saat ini media online sangat membantu promosi, sehingga diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas tersebut. Dengan berani mempromosikan diri, tahap demi tahap kepercayaan diri juga akan makin terbentuk dan kemampuan juga makin bagus, yang akan memantapkan diri untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. (wid)