Elegan, Endek Berpadu Songket Miliki Nilai Jual Tinggi

420

Singaraja (Bisnis Bali) –  Pesatnya perkembangan dunia fashion dewasa ini tidak terlepas dari semakin banyaknya ide kreatif dari para desainer dan perajin. Seperti halnya endek, kain daerah yang namanya sudah mendunia tidak henti- hentinya memunculkan kreasi baru oleh perajin, untuk memenuhi permintaan konsumen serta melestarikan kain daerah khususnya di Buleleng.

Kain endek perpaduan songket, tampil mewah dan menjadi produk endek dengan desain terbaru. Mengunggulkan pakem Bali, endek perpaduan songket cukup elegant dan bisa digunakan diberbagai kegiatan. Hal itu diungkapkan Ketut Rajin owner Pertenunan Artha Dharma di Desa Sinabun  ketika di wawancarai Bisnis Bali beberapa waktu lalu.

Dikatakan, desain lebih mengutamakan lokal genius dimana motif dari produk tenun ikat cenderung mengutamakan kearifan lokal, selain untuk melestarikan juga memperkenalkan kekhasan Buleleng kepada khalayak ramai. Seperti endek perpaduan songket yang menjadi model terkini karya pertenunan Artha Dharma, motif endek sutra dipadukan dengan tenunan songket membuat tampil elegant. Tidak heran memiliki harga jual yang cukup tinggi dikelasnya.  (ira)