Yoga Iswara, Siap dengan Sertifikasi

UNTUK bangkit di masa pandemi Covid-19, industri pariwisata mesti berbenah.

UNTUK bangkit di masa pandemi Covid-19, industri pariwisata mesti berbenah. Ketua DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali Yoga Iswara menyampaikan, industri pariwisata dan pemerintah tidak oleh saling dorong melainkan mesti siap dengan sertifikasi tantanan kehidupan era baru.

Industri pariwisata jangan memaksa pemerintah membuka border, sedangkan industri pariwisata Bali tidak siap memberikan pelayanan saat pandemi. “Ini yang kita jaga agar layanan pariwisata Bali benar-benar sesuai protokol kesehatan,” ucapnya.

Melalui sertifikasi tatanaan kehidupan era baru, Bali menunjukkan kepada dunia internasional bahwa pariwisata Pulau Dewata terus bergerak melakukan sertifikasi. Wisatawan merasa aman dan nyaman saat berlibur di Bali. Ia meyakinkan sertifikasi ini adaptasi dengan tatanan kehidupan normal baru. Protokol kesehatan ini untuk melindungi karyawan dan wisatawan dari pandemi Covid-19.

Menurut Yoga Iswara, kegiatan sertifikasi tatanan kehidupan era baru sangat efektif meyakinkan pasar internasional bahwa Bali mampu menghadapi pandemi Covid-19 secara benar. Tim penilai sertifikasi sudah memiliki teknik guna melakukan sertifikasi. Bermodal teknik dan sertifikasi, tim penilai datang ke tempat hotel yang akan dinilai. “Semua hotel di Bali wajib mengikuti sertifikasi tatanan kehidupan era baru,” tambahnya. *kup 

BAGIKAN