Wisman Tiongkok Minati Cagar Budaya

Wisatawan Tiongkok yang berlibur ke Bali termasuk saat jelang Perayaan Imlek di antaranya cukup banyak mengunjungi Gianyar.

CAGAR BUDAYA -Wisatawan Tiongkok yang mengunjungi cagar budaya di Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) –Wisatawan Tiongkok yang berlibur ke Bali termasuk saat jelang Perayaan Imlek di antaranya cukup banyak mengunjungi Gianyar. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, AA. Gde Putrawan Rabu (22/1) mengatakan wisman Tiongkok ini banyak menikmati wisata cagar budaya.

Selama ini sebagai kawasan objek wisata favorit wisatawan Tiongkok banyak berkunjung ke kawasan daya tarik wisata pura seperti Pura Batuan, Pura Tirta Empul dan pura lainnya.

Putrawan menjelaskan Kabupaten Gianyar merupakan kabupaten yang memiliki daya tarik wisata terbanyak di antara 9 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bali. Daya tarik wisata secara otomatis akan mendukung keberadaan destinasi yang ada di Kabupaten Gianyar.

Dipaparkannya, wisatawan Tiongkok juga banyak mengunjungi wisata buatan di Gianyar seperti Taman Burung, dan wisata kebun binatang lain di Gianyar.

Wisatawan Tiongkok banyak mengikuti kegiatan wisata adventure seperti arung jeram di Gianyar. Menurutnya, salah satu faktor yang berperan penting dalam pengembangan destinasi pariwisata adalah sumber daya manusia (SDM). SDM berperan sebagai faktor kunci dalam mewujudkan keberhasilan kinerja pada industri pariwisata.

Dengan perayaan Imlek mendatang wisatawan Tiongkok diharapkan bisa lebih banyak mengunjungi kawasan wisata di Gianyar. Selama ini Gianyar memang lebih banyak dikunjungi wisatawan Eropa.

Ia meyakini dengan perkembangan pasar Gianyar juga makin banyak dikunjungi wisatawan Tiongkok. Pemkab Gianyar juga berharap melalui momen Imlek wisatawan Tiongkok bisa mengunjungi daya tarik wisata (DTW) Candi Tebing Tegallinggah. Wisata Candi Tebing Tegallinggah yang terletak di Desa Adat Tegallinggah Kecamatan Blahbatuh Gianyar ini merupakan sebuah candi yang keberadaannya tepat di tebing sebuah sungai.

Gde Putrawan menambahkan pemandangan alam yang indah, didukung oleh suasana yang tenang dan terkesan magis membuat DTW Candi Tebing lebih diminati sebagai wisata religi terutama yoga dan melukat di air pancuran Sudamala yang terdapat di sana. Namun seiring perkembangan waktu dan makin canggihnya kekuatan medsos, kini DTW Candi Tebing juga banyak dimanfaatkan sebagai tempat preweding. *kup

BAGIKAN