Wisata Kuliner Berbasis Pengembangan Desa

BALI dikenal dengan suasana alamnya yang asri. Perdesaan di Bali memiliki andil besar dalam pengembangan sektor pariwisata.

BALI dikenal dengan suasana alamnya yang asri. Perdesaan di Bali memiliki andil besar dalam pengembangan sektor pariwisata. Terbentuknya wisata baru di perdesaan adalah hasil dari sinergitas kelompok pariwisata dengan komitmen untuk mengembangkan desa.

Pemilik restoran Green Kubu Gianyar, Made Arya Gunawan mengatakan, motivasinya membuka tempat kuliner dengan hamparan persawahan sebagai view-nya adalah karena keinginan untuk mengembangkan desa. Pengalaman di bidang kuliner selama di luar negeri, menjadi dukungan lainnya.

“Saya ingin mengembangkan desa tempat saya tinggal sebagai wisata yang memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu desa ini akan semakin dikenal namanya dan mampu bergelut langsung dengan pariwisata yang selama ini menjadi poin utama di Bali” ujar Made Arya.

Kuliner yang ditawarkan menyuguhkan cita rasa lokal. Harganya pun ditargetkan untuk pasar lokal. Hampir 90 persen market dari Green Kubu adalah wisatawan lokal. Ditambah lagi dengan adanya tempat bermain anak-anak yang disiapkan untuk menambah kenyamanan pengunjung yang datang bersama keluarga. Terdapat pula ayunan besar yang dapat digunakan spot foto dengan pemandangan persawahan di sekelilingnya.

Sejak pandemi Covid-19, tempat makan ini menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Mulai dari pembatasan pengunjung sampai 250 orang saja. Kemudian, terdapat fasilitas cuci tangan sebelum memasuki wilayah restoran, pengecekan suhu tubuh dan wajib menggunakan masker. Aturan tersebut tidak hanya untuk pengunjung, tapi juga seluruh pegawai Green Kubu.

“April sangat dirasakan adanya penurunan pengunjung, dan mulai ada peningkatan sejak Juni sampai sekarang. Untuk itu, kita melakukan promosi berbelanja Rp 100 ribu akan diberikan free swings. Selain itu ada juga beberapa menu dengan harga khusus yang diletakkan di setiap meja,” ujarnya.

Sinergi antara desa adat juga sangat membantu dalam pengembangan akomodasi pariwisata ini. Dukungan bahkan diperluas dengan tahap pembukaan desa wisata alam bernama Tukad Buwung yang dicanangkan siap dibuka pada pertengahan 2021.

“Kami berharap adanya sinergi dengan pemerintah agar diberikan support yang sebesar-besarnya dalam tujuan mendorong perkembangan ekonomi agar bisa kembali pulih. Dan untuk sahabat kuliner Bali, semenjak pandemi kita sudah menerapkan protokol kesehatan. Jadi, jangan ragu datang bersama keluarga, pakai masker dan jaga jarak. Kami siap menyambut anda untuk berkuliner dengan alam di Green Kubu,” tutupnya. *git

BAGIKAN