Wayan Kujus Pawitra, Bangun TPS 3R

SAMPAH apabila tidak diurus, tidak dikelola dengan baik cepat atau lambat akan menimbulkan masalah bahkan bisa menjadi musibah. Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar, Wayan Kujus Pawitra,

SAMPAH apabila tidak diurus, tidak dikelola dengan baik cepat atau lambat akan menimbulkan masalah bahkan bisa menjadi musibah. Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar, Wayan Kujus Pawitra, Rabu (12/8) mengatakan untuk menyelesaikan masalah sampah tersebut setiap desa di Kabupaten Gianyar perlu mewujudkan TPS 3R.

Diungkapkannya, Pemkab Gianyar melalui DLH telah menggandeng Yayasan Bumi Sasmaya guna bertekad mewujudkan TPS 3R di setiap Desa di Gianyar. Ini sudah berhasil diwujudkan antara lain di Desa  Siangan Kecamatan Gianyar.

Sampah dikelola dengan manajemen yang baik dan benar bisa menjadi manfaat, dan menambah rezeki. Sampah ketika ditangani dengan baik lingkungan menjadi bersih dan  hidup menjadi lebih baik.

Kujus Pawitra menjelaskan Desa Siangan telah berhasil menerakan manajemen pengelolaan sampah mandiri skala desa.  Rancang bangun TPS 3R didasari konsep pengelolaan sampah dari DLH Gianyar. Konsep ini yakni pengelolaan sampah dari sumber rumah tangga dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya pelayanan penanganan sampah antara lain pengambilan, pengangkutan dan terakhir, di hilir yakni di TPA Temesi. Di TPA ini, Pemkab Gianyar bekerjasama dengan ITB Bandung untuk mewujudkan TPA modern berbasis teknologi terbarukan.

Wayan Kujus Pawitra menambahkan pengelola  sampah secara modern di TPA Temesi akan dimulai penggarapan tahun 2021. Ini sedang dilakukan perluasan dan penataan lahan, paling lambat dalam 3 tahun ke depan TPA Temesi yang dikelola secara modern bisa rampung. “Harapan nanti, TPA ini hanya akan nampung residu, sedangkan sampah organik akan dikelola bernilai ekonomis di TPS 3R sekala desa,” jelas Sekretaris DPRD Gianyar ini.*kup

BAGIKAN