Wayan Gede Ari Arsania,   Bantuan Pemasaran

PROGRAM vaksin Covid-19 yang digencarkan pemerintah memberikan harapan pulihnya ekonomi Bali.

PROGRAM vaksin Covid-19 yang digencarkan pemerintah memberikan harapan pulihnya ekonomi Bali. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Gianyar Wayan Gede Ari Arsania  mengharapkan dukungan pemerintah untuk membantu memperkuat kembali  pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tahun 2021.

UKM yang bergerak di sektor kerajinan  masih sulit memasarkan produk yang dihasilkannya dalam masa pandemi Covid-19. Mereka tentunya berharap uluran tangan pemerintah untuk mempertemukan pelaku industri atau perajin dengan pasar.

Ari Arsania menjelaskan, sektor UKM tidak hanya membutuhkan bantuan di bidang pemasaran. Mereka juga memerlukan bimbingan dalam mengembangkan produk,  termasuk penerapan teknologi dalam kegiatan produksi. “Program pembinaan kepada pelaku UKM dan perajin bisa dioptimalkan kembali tahun 2021,” ucapnya.

Dipaparkannya, tidak semua perajin mampu mengembangkan produk secara baik. Selama ini produk yang dihasilkan perajin terlihat sangat monoton. Seperti ketika memproduksi patung kucing selanjutnya hanya memproduksi patung kucing. Ini membuktikan perajin mesti dibantu dalam pengembangan produk.

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah bisa saja melakukan riset dan program pengembangan produk.  Apalagi tidak semua UKM mampu  mengakses pasar baru. Jika pemerintah bisa membantu pengembangan produk melalui dukungan tim riset, perajin akan bisa mengembangkan produknya secara kontinu. ‘’Jadi, pemerintah perlu melibatkan sektor UKM dalam kegiatan pameran berskala nasional dan internasional,’’ ujarnya.

Ia berharap dunia internasional bisa segera menyelesaikan penanganan pandemi Covid-19 termasuk melalui vaksinasi massal tahun depan. Dengan begitu, pelaku UKM bisa kembali menciptakan  produk unggulan yang mengikuti kebutuhan pasar internasional. *kup

BAGIKAN