Wayan Gatha, Bangkitkan Sektor UMKM

SITUASI  Pandemi Covid-19 cukup mematikan berbagai sektor ekonomi.

SITUASI  Pandemi Covid-19 cukup mematikan berbagai sektor ekonomi. Banyak pekerja pariwisata alih profesi. Banyak pekerja kantoran mengangggur. Di situasi seperti ini, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memiliki potensi membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penasihat Sri Partha Group, Wayan Gatha, belum lama ini mengatakan BPR mesti fokus menggarap sektor mikro untuk menumbuhkan sektor UMKM.

Dijelaskanya, BPR yang tumbuh di kota maupun di desa wajib membantu menumbuhkan usaha di sektor mikro. Usaha di sektor mikro akan menjadi kantong-kantong guna meningkatkan kemakmuran masyarakat di wilayah kerja BPR.

“Upaya menumbuhkan UMKM juga untuk mengembangkan usaha BPR,” ucapnya. Menurutnya, berdasarkan Pacto 88 BPR sudah memiliki pasar yang jelas yaitu sektor UMKM.  BPR mesti kembali ke komitmen awal untuk menggarap UMKM tersebut.

Ia meyakini dengan menggarap UMKM akan mendorong BPR untuk ekspansi kredit. Ini juga merupakan bagian dari komitmen BPR memperkenalkan BPR dan bank kepada pelaku usaha dan usaha di tingkat masyarakat.

Dalam edukasi dan literasi keuangan,  BPR dikenalkan adalah bank untuk menyimpan uang. Harapan BPR, terus bisa menumbuhkan kantong-kantong kemakmuran di masyarakat pasca-penanganan dan recovery Covid-19.

Wayan Gatha menegaskan BPR memiliki kewajiban melaksanakan fungsi intermediasi. BPR wajib menyerap dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan selanjutnya dana yang dikumpulkan kembali disalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit. *kup

BAGIKAN