Waspadai Dampak Varian Baru Covid-19

Pascahari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2021, perlu diwaspadai dampak varian baru Covid-19.

ARAHAN - Kapolres Tabanan menyampaikan arahan kepada personelnya.

Tabanan (bisnisbali.com) –Pascahari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2021, perlu diwaspadai dampak varian baru Covid-19. Betapa tidak, saat ini varian baru Covid-19 sudah masuk Indonesia kususnya Bali sehingga harus ditanggapi serius dengan upaya yang ketat dan ditangani sedini mungkin.

Demikian diungkapkan Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S. Siregar, S.I.K., M.H. saat menyampaikan arahan kepada personelnya di lapangan apel Polres Tabanan, Selasa (18/5) kemarin. Dikatakannya, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai dampak pandemi jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan dan upaya yang dilakukan harus sejalan dengan penanganan kesehatan yang baik. “Astungkara di Bali secara umum ketersediaan tempat untuk rawat pasien masih banyak. Itu berarti tingkat yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah bisa ditekan dengan tingkat kesembuhan yang tinggi,” tuturnya.

Meski begitu, beberapa hal masih tetap harus diwaspadai bersama, khususnya terkait pasca-Lebaran. Sebab, mudik memang dilarang, namun tempat pariwisata tetap terbuka untuk dikunjungi. “Seperti kita ketahui bersama bahwa tempat wisata di Bedugul dan Tanah Lot dipadati pengunjung, namun dapat kita atasi dengan memberlakukan 50 persen dari daya tampung dan tidak ada penumpukan,” ungkapnya.

Kapolres Tabanan lebih lanjut menyampaikan bahwa semua harus mewaspadai varian baru Covid-19 pada 14 hari ke depan. Terlebih lagi varian baru ini sebelumnya telah membuat Malaysia, Singapura dan India melakukan lockdown. Oleh sebab  itu tetap taati protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, semprotkan hand sanitizer pada tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian dan tidak berkerumun. “Hal itu yang terkecil bisa kita perbuat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sampaikan hal ini kepada semeton, sanak keluarga dan masyarakat,” jelas AKBP Mariochristy.

Arahan Kapolres Tabanan ini sekaligus menindaklanjuti hasil video conference (konferensi video) Mendagri, para kepala daerah se-Indonesia, Panglima TNI dan Kapolri dengan Presiden RI pada Senin (17/5) lalu serta arahan Kapolda Bali kepada jajaran Polres se-Polda Bali dalam rangka mengantisipasi varian baru Covid-19. *man

BAGIKAN