Wadah Pengembangan LPD, Kantor BKS LPD Gianyar Diresmikan

SETELAH rampung pembangunannya, Kantor Badan Kerja Sama (BKS) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Gianyar diresmikan. Serangkaian peresmian, dilaksanakan upacara rsi gana, melaspas dan piodalan.

SETELAH rampung pembangunannya, Kantor Badan Kerja Sama (BKS) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Gianyar diresmikan. Serangkaian peresmian, dilaksanakan upacara rsi gana, melaspas dan piodalan.

Sebelum diresmikan, di Kantor BKS  LPD Kabupaten Gianyar terlebih dahulu dilaksanakan upacara rsi gana, melaspas dan piodalan. Upacara ini dipuput Ida Pendanda Gede Putra Kekeran dari Griya Kekeran Blahbatuh. Ketua BKS LPD Kabupaten Gianyar I Wayan Artana mengatakan, Kantor BKS LPD Kabupaten Gianyar dibangun berdasarkan kesepakatan Prajuru BKS LPD Kabupaten Gianyar. Ini agar BKS LPD memiliki tempat lebih luas dan representatif.

Kantor BKS LPD Gianyar ini akan digunakan untuk kegiatan rapat, edukasi, laboratorium, tata kelola LPD serta kegiatan usaha. Kantor berlantai dua ini dibangun mulai tahun 2019 lalu dengan menghabiskan dana Rp 4,7 miliar lebih. “Rinciannya, untuk biaya pembelian tanah seluas 4,77 are dan biaya pembangunan kantor,” ucapnya.

Wayan Artana menyampaikan, biaya pembangunan Kantor BKS LPD Gianyar berasal dari dana talangan semua LPD di Kabupaten Gianyar yang berjumlah 168 LPD. Dana pembangunan Kantor BKS LPD Gianyar juga berasal dari bantuan BKS LPD Provinsi Bali, LPLPD Provinsi Bali dan pinjaman lunak.

Ketua BKS LPD Provinsi Bali I Nyoman Cendikiawan memberikan apresiasi kepada BKS LPD Gianyar yang telah mampu merealisasikan kantor baru. Kantor BKS ini sebagai wadah pengembangan LPD ke depannya.

Jumlah karyawan LPD di Gianyar mencapai 1.600 lebih. Keberadaan kantor representatif ini tentu sangat mendukung segala kegiatan pendidikan, pelatihan, pertemuan dan pengembangan IT. ” Ini untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka kemajuan LPD,” jelasnya.

Menurut Nyoman Cendikiawan, LPD terus berupaya mengembangkan pelayanan berbasis IT dengan LPD Mobile, ATM LPD dan layanan Qris bekerja sama dengan Bank BPD Bali.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ketut Mudana memberikan apresiasi dan dukungan atas diresmikannya Kantor BKS LPD Gianyar. Ia berharap kantor ini  bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk berbagai kegiatan guna mendukung kemajuan  di  Kabupaten Gianyar.

Peresmian Kantor BKS LPD Gianyar ditandai penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ketut Mudana dilanjutkan peninjauan kantor serta fasilitas BKS LPD Gianyar.

Di Kabupaten Gianyar terdapat 168 LPD dengan jumlah aset terbesar kedua setelah Kabupaten Badung. Peresmian Kantor LPD Kabupaten Gianyar dihadiri Pengurus BKS LPD Bali dan BKS Kabupaten/ Kota se-Bali. *adv

BAGIKAN