Wabup Suiasa Buka Temu Wirasa Koperasi Se-Badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyatakan keberadaan koperasi sangat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Badung.

TEMU WIRASA - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri temu Wirasa Koperasi se-Kabupaten Badung di Hotel Made Bali Jalan Raya Sempidi Mengwi, Kamis (28/11).

Mangupura (bisnisbali.com) –Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyatakan keberadaan koperasi sangat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Badung. Hal ini mengingat koperasi di samping untuk meraih keuntungan (profit) juga berperan dalam mensejahterakan anggotanya (benefit) sehingga secara langsung maupun tidak langsung berdampak juga kepada fundamen ekonomi kemasyarakatan di Kabupaten Badung.

Demikian disampaikan Wabup Suiasa saat membuka Temu Wirasa Koperasi se-Kabupaten Badung di Hotel Made Bali Jalan Raya Sempidi Mengwi, Kamis (28/11). Temu Wirasa yang mengambil Tema “Leadership dan Human Capital Development”  juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Ketut Karpiana, Perwakilan Dinas Koperasi Provinsi Bali, Ketua Dekopinda Badung I Wayan Reta, para narasumber dan perwakilan dari OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung serta pengurus koperasi se-Kabupaten Badung.

Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung sangat komit terhadap keberadaan koperasi. Untuk itu diingatkan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan untuk terus melakukan pembinaan sehingga koperasi di Kabupaten Badung ke depan makin baik. Pihaknya juga mengajak untuk selalu “setia” (senang, tindih dan arsa) dengan koperasi, karena koperasi mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Badung, daya beli kemampuan masyarakat makin kuat sehingga kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan makin cepat.

Terkait dengan tema temu wirasa ini, Wabup Suiasa sangat menyambut baik karena leadership (kepemimpinan) dan human capital development (pengembangan sumber daya manusia) sangat penting dalam pembangunan koperasi karena sumber daya manusia (SDM) kalau diibaratkan sebuah tiang dalam sebuah koperasi. Apabila tiang tersebut kokoh, koperasi akan berdiri dengan tegak.

Sementara itu Ketua Dewan  Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Badung I Wayan Reta mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM koperasi yang andal khususnya dalam hal kepemimpinan dan manajemen sehingga wawasannya bertambah yang pada gilirannya nanti koperasi siap bersaing dalam kancah persaingan ekonomi global. “Untuk memajukan koperasi, human capital merupakan suatu yang strategis sehingga dengan temu wirasa ini terwujud human capital yang kapabel dan kredibel yang menjadikan koperasi mampu bersaing ditengah persaingan ketat antar lembaga,” terangnya.

Temu wirasa ini menghadirkan narasumber dari Dirut BPR Lestari Pribadi Budiono yang membawakan materi Leadership dan Human Capital Development dan presentasi dari Direktur PT Jamkrida Bali Mandara Ketut Indra. *adv

BAGIKAN