Wabup Suiasa Buka Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka rapat koordinasi Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 di Ruang Gita Gosana lantai III Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, Kamis (27/2).

SENSUS - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka rapat koordinasi Sensus Penduduk Tahun 2020 di Ruang Gita Gosana lantai III Diskominfo Kabupaten Badung, Kamis(27/2).

Mangupura (bisnisbali.com) –Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka rapat koordinasi Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 di Ruang Gita Gosana lantai III Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, Kamis (27/2). Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Badung ini turut dihadiri Kepala BPS Badung Ni Putu Minarni, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil  AA Ngurah Arimbawa, Kadiskominfo I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra beserta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Badung.

Wabup Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung bersinergi dengan BPS Badung dalam rangka untuk mematangkan pelaksanaan sensus penduduk di Tahun 2020. Dalam mendukung sensus penduduk ini, Pemkab Badung mengambil langkah membuat petugas dari perangkat daerah secara komunitas untuk ditugaskan mengkoordinir dan mengakselerasi tentang pelaksanaan sensus penduduk mulai dari perangkat daerah masing-masing. “Petugas ini kami tugaskan untuk memberikan sosialisasi dan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dalam pengisian data-data berkaitan dengan sensus kepada semua penduduk itu sendiri, terlebih dalam pelaksanaan sensus penduduk ini sudah menggunakan sistem online. Dengan adanya sistem online masyarakat perlu didampingi serta diberikan arahan yang baik, sehingga hasil dari sensus penduduk di Kabupaten Badung mendapatkan hasil yang lengkap dan benar,” ungkap Wabup Suiasa.

Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Badung Ni Putu Minarni mengatakan, melaksanakan sensus penduduk sudah menjadi kewajiban BPS, terlebih Tahun 2020 ini Sensus Penduduk dilaksanakan secara online. Rapat koordinasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan SP online di Badung. “Jadi tahun ini BPS memiliki metode yang berbeda yaitu metode kombinasi. Data dasar yang digunakan untuk menggunakan update berasal dari data Dirjen Dukcapil. Di samping itu metode kedua menggunakan sistem online, masyarakat bisa melakukan update data dirinya secara mandiri melalui link sensus.bps.go.id, dengan periode waktu mulai dari tanggal (15/2) sampai dengan (31/3) mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan rapat koordinasi ini khusus dilaksanakan terhadap seluruh ASN yang ada di Badung. Pihaknya memfasilitasi dengan beberapa tenaga IT, sehingga ASN Badung akan menjadi referensi masyarakat agar target sensus penduduk online dapat meningkat. Masyarakat juga bisa mengunakan literasi media digital di era ini. “Kami harapkan masyarakat sadar terhadap data dirinya. Data tersebut bisa mencerdaskan bangsa serta sebagai dasar dari pemerintah untuk melaksanakan program-program strategis yang akan dilaksanakan nantinya,” ungkapnya. *adv

BAGIKAN