Wabup Kasta Ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan  

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung, bersama Ketua TP PKK Klungkung Ny. Ayu Suwirta menghadiri peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 Kabupaten Klungkung tahun 2019 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (26/11).

Semarapura (bisnisbali.com) – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung, bersama Ketua TP PKK Klungkung Ny. Ayu Suwirta menghadiri peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 Kabupaten Klungkung tahun 2019 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (26/11).

Harkannas yang diperingati tiap tanggal 21 November ini dipadukan dengan Gebyar Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang merupakan salah satu program inovatif Pemkab Klungkung.

Bupati Klungkung dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Made Kasta, menyampaikan selain meningkatkan konsumsi ikan pada masyartakat, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan diminta supaya membuat program budidaya ikan pada masyarakat.

Hal ini dirasakan perlu mengingat kebutuhan terhadap ikan tidak selalu bisa dipenuhi dari nelayan. Untuk itu masyarakat juga bisa melakukan budi daya ikan untuk konsumsi di pekarangan rumah atau lahan persawahan. “Masih ingat dulu para petani mampu memelihara ikan sembari menanam padi di sawah, kenapa tidak kita coba untuk melakukan hal serupa,” ujar Wabup Kasta.

Kepada para siswa Sekolah Dasar, Wabup Kasta mengingatkan untuk banyak mengkonsumsi ikan, baik itu ikan air tawar maupun ikan laut. Menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan secara rutin sejak balita dapat meningkatkan kecerdasan otak, karena ikan mengandung lemak tidak jenuh, serta omega 3, 6 dan 9. Selain itu mengkonsumsi ikan dapat mengurangi resiko penyakit kolesterol, tekanan darah tinggi, jantung serta dapat menjaga kebugaran tubuh.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan yang sekaligus Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Wayan Durma mengatakan masyarakat Kabupaten Klungkung masih perlu mengkonsumsi ikan lebih banyak lagi. “Berdasarkan data konsumsi ikan di Klungkung baru mencapai 38,9 Kg per kapita per tahun.  Sedangkan target untuk di Provinsi Bali sebanyak 45 Kg per kapita per tahun dan target nasional adalah 62 Kg per kapita per tahun,” kata Durma.

Peringatan Harkannas dan Gerakan Gemarikan yang mengangkat tema “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa” ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan. Durma menambahkan, serangkaian Harkannas 2019 telah dilaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya sosialisasi Gemarikan ke beberapa SD di Kabupaten Klungkung sekaligus pembagian snack olahan ikan yang disediakan oleh kelompok olahan di tiap lokasi pelaksanaan sosialisasi.

Selain itu dilakukan pula pelatihan atau bimtek olahan hasil perikanan disetiap desa dan kecamatan. Sedangkan untuk memeriahkan acara peringatan, dilaksanakan beragam lomba seperti lomba membuat sate lilit ikan dan lomba menangkap ikan lele yang diikuti puluhan siswa SD, serta pemberian makanan tambahan hasil olahan ikan kepada ratusan siswa yang secara simbolis dilakukan oleh Wabup Made Kasta, Ketua TP PKK Ny. Ayu Suwirta, Kadis Wayan Durma serta perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Provinsi Bali. *dar

BAGIKAN