Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Bali, Gubernur Koster Minta Masyarakat Waspada  

Dua varian baru mutasi Covid-19 yaitu kode B.1.351 dan kode B.1.1.7 telah ditemukan menginfeksi dua orang masyarakat Bali.

Denpasar (bisnisbali.com) –Dua varian baru mutasi Covid-19 yaitu kode B.1.351 dan kode B.1.1.7 telah ditemukan menginfeksi dua orang masyarakat Bali. Untuk itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan menaati aturan agar terhindar dari Covid-19.

Hal tersebut terungkap pada siaran pers yang disebar melalui pesan grup WhatsApp, Selasa (4/5) kemarin. Dalam siaran tersebut, Gubernur Koster memaparkan, berdasarkan informasi langsung dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, pada Senin (3/5) lalu telah ditemukan dua orang positif yang terinfeksi varian baru mutasi virus Covid-19. Satu orang mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351, sedangkan satu orang lagi positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7.

‘’Hal ini diketahui setelah beberapa sampel dari orang positif Covid-19 di RSUP Sanglah diuji oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” terangnya. Terkait kasus ini, lanjut Gubernur Koster, Dinas Kesehatan Provinsi Bali sedang melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan korban sehingga akan diketahui potensi risiko penyebarannya secara detail dan lengkap.

Sehubungan dengan itu, Gubernur asal Buleleng ini mengingatkan masyarakat Bali untuk tetap waspada dan berhati-hati serta menaati protokol kesehatan dalam dalam setiap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, adat, agama, seni, budaya, dan sosial serta kegiatan kemasyarakatan lainnya.  Masyarakat juga diimbau tetap taat pada Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Desa/Kelurahan Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali. *wid

BAGIKAN