Vaksinasi Tumbuhkan Optimisme UMKM di Tabanan

Program vaksinasi Covid-19 massal kian masif dilakukan di Kabupaten Tabanan.

VAKSINASI - Vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemkab Tabanan di sejumlah DTW beberapa waktu lalu.

Tabanan (bisnisbali.com) –Program vaksinasi Covid-19 massal kian masif dilakukan di Kabupaten Tabanan. Menurut Ketua International Council For Small Business (ICSB) Kabupaten Tabanan Bagus Arya Kusuma, S.Sos., M.M., program ini mampu menumbuhkan optimisme di kalangan pelaku UMKM untuk menggeliatkan usahanya sekaligus menangani pandemi. Meski begitu, pemerintah diharapkan tetap terdepan menjadi inisiator.

“Vaksinasi yang makin masif bisa memberi optimisme pelaku usaha kecil karena memang menjadi daya ungkit bagi bangkitnya UMKM. Sebab, tantangan untuk pemulihan ekonomi harus sejalan dengan penanganan kesehatan yang baik. Salah satunya melalui vaksinasi Covid-19,” tutur Bagus Arya, Rabu (19/5) kemarin.

Agar lebih optimal, optimisme tersebut tentunya tetap harus membutuhkan inovasi atau upaya dari pemerintah daerah dalam mendorong geliat sektor usaha kecil sekaligus menumbuhkan ekonomi daerah. Salah satu bentuknya pemerintah daerah menginisiasi sejumlah kegiatan pameran dagang melibatkan kalangan usaha kecil dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Seperti ajang pameran dagang sebelumnya yang hanya melibatkan kalangan asosiasi dan UMKM di Tabanan, cukup direspons oleh pasar sehingga tingkat transaksi yang terjadi lumayan besar. Menurutnya, jika saja pemerintah daerah ikut atau mau mengorganisir dengan membuat ajang serupa secara kontinu, dampaknya pada geliat UMKM di Tabanan sekaligus pertumbuhan ekonomi daerah berpotensi lebih optimal lagi. “Bila saja pemerintah mau menginisiasi kegiatan, pasti gaungnya lebih optimal. Sebab, pemerintah memiliki kewenangan dan hingga fasilitas,” ujarnya.

Pemilik usaha Padma Medikal Husada (Padma Herbal) ini berharap keyakinan  kalangan pelaku UMKM bisa dijaga oleh pemerintah daerah dengan berbagai dukungan, termasuk dalam merealisasikan serapan kebijakan pemerintah pusat ke daerah terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bila perlu di daerah lebih semangat karena sebagai pihak yang berhadapan langsung dengan masyarakat dan mengetahui betul apa yang dibutuhkan. *man

BAGIKAN