Vaksinasi Covid-19 di Gianyar, Hari Pertama Diikuti 20 Nakes

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gianyar yang tahap awal dijadwalkan Jumat (15/1) ini  dimajukan menjadi Kamis (14/1)

HARI PERTAMA - Hari pertama vaksinasi Covid-19 di  Kabupaten Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) –Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gianyar yang tahap awal dijadwalkan Jumat (15/1) ini  dimajukan menjadi Kamis (14/1).Hari pertama vaksinasi Covid-19 di RSUD Sanjiwani diikuti 20 nakes. Selanjutnya akan dilaksanakan Senin, Kamis dan Sabtu.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Sanjiwani Gianyar Anak Agung Gede Oka Beratha mengatakan vaksinasi di Kabupaten Gianyar diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes). Vaksinasi akan berlangsung sampai pertengahan April 2021 mendatang. Kegiatan ini ini diharapkan  tidak mengganggu aktivitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Di Kabupaten Gianyar terdapat 3.134 orang  tenaga nakes. Mereka bertugas di RSUD Sanjiwani, Rumah Sakit Payangan, Puskesmas, Rumah Sakit Swasta dan klinik-klinik.  Nakes yang akan divaksin menerima pesan singkat ke nomor HP masing-masing. Sebelum divaksin, mereka  diminta memperlihatkan KTP di meja 1 untuk dicocokkan dengan NIK sehingga bisa masuk ke sistem rumah sakit.

Selanjutnya calon yang akan divaksin menuju meja 2 untuk cek kesehatan sebanyak 16 item termasuk cek tensi dan suhu.  Hasil cek kesehatan menjadi dasar peserta bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 di meja 3. Setelah proses vaksinasi, peserta memasuki ruang observasi.  ‘’Dari  20 orang yang divaksin, tiga orang mengeluh sedikit pusing. Setelah 30 menit pusingnya hilang dan bisa kembali bekerja,” ucapnya seraya menambahkan,  usai divaksin peserta diberikan kartu vaksinasi dan setelah 14 hari akan mendapatkan vaksin covid yang kedua.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dr. Ida Komang Upeksa ketika dimintai konfirmasinya menyatakan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk nakes berjalan lancar tanpa hambatan. “Untuk sementara tidak ada kejadian ikutan pascavaksinasi ,” jelasnya. *kup

BAGIKAN