Vaksinasi Covid-19, Bali Masih Fokus Garap Wisdom  

Vaksinasi Covid-19 di Bali digelar mulai Kamis (14/1) kemarin. Hal ini menjadi harapan bagi pariwisata Bali agar segera dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara.

Denpasar (bisnisbali.com) –Vaksinasi Covid-19 di Bali digelar mulai Kamis (14/1) kemarin. Hal ini menjadi harapan bagi pariwisata Bali agar segera dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara. Namun, kewenangan itu ada di pemerintah pusat dan sampai sekarang belum memberikan kepastian akan dibukanya pariwisata untuk wisman.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, kebijakan untuk membuka pariwisata bagi wisatawan mancanegara ada di pusat dan pihaknya belum mendapatkan arahan untuk itu. Dengan demikian, hingga saat ini Bali masih fokus menggarap wisatawan lokal dan domestik (wisman). “Hal ini sudah kita lakukan sejak perayaan Natal dan Tahun Baru.  Meski kita melakukan pengetatan pintu masuk ke Bali lewat udara, darat dan laut,  ternyata animo wisatawan ke Bali cukup tinggi. Lebih dari 400.000 wisatawan yang datang,” ungkapnya usai menerima vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar,  Kamis (14/1) kemarin.

Menurutnya, angka lebih dari 400.000 wisatawan itu sudah sangat baik buat pariwisata Bali di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Pihaknya berharap dengan dilakukannya vaksinasi ke depannya Covid-19 semakin bisa dikendalikan dan kasusnya makin menurun.

Sementara itu, salah seorang pelaku pariwisata di Bali, I Nyoman Sudirga Yusa, mengatakan  diadakannya vaksinasi Covid-19 merupakan  angin segar bagi pelaku industri pariwisata di Bali. CEO Pramana Experience (salah satu perusahaan manajemen hotel dan vila di Bali) ini mengungkapkan, mulai dilaksanakannya vaksinasi di beberapa negara akan menumbuhkan kepercayaan bagi semua orang untuk bisa bepergian dari satu tempat menuju tempat lainnya. “Namun, perlu juga diantisipasi kebijakan dari semua negara tentang penerimaan orang asing (luar) masuk menuju negara tujuan  atau kebalikan warganya menuju tempat lain,” ujarnya.

Sudirga mengharapkan pemerintah segera mungkin merancang strategi untuk mempercepat pemulihan baik untuk pariwisata maupun perekonomian. Pihaknya juga sangat berharap vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan ini mampu memberikan dampak positif untuk pemulihan pariwisata Bali.  *wid

BAGIKAN