Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, Promosi Kesehatan Berbasis Daring di Desa Bukian

CORONA virus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.

CORONA virus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis corona virus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang kemudian virus ini pun menyebabkan penyakit yang disebut dengan Covid-19. Covid-19 merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Hingga saat ini belum ada vaksin atau perawatan yang dapat benar-benar menyembuhkan Covid-19, sehingga satu-satunya cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah pencegahan seperti physical distancing, menggunakan masker, rajin  mencuci tangan dengan sabun, melakukan hal-hal yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa dalam platform Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh dr. Pande Ayu Naya Kasih P., M.Biomed, dr. Anak Agung Sri Agung Aryastuti, M.Sc, dr. Putu Nita Cahyawati, M.Sc, dan dr. Desak Putu Citra Udiyani, M.Biomed yang bersinergi dengan rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan promosi kesehatan berbasis daring di Desa Bukian dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Desa Bukian merupakan salah satu desa yang menjadi basis program Community Oriented Medical Education (COME) yang digalakan oleh FKIK Unwar. Kegiatan promosi kesehatan berbasis daring yang dilakukan di Desa Bukian ini menyasar keluarga binaan dan satgas Covid-19 dalam rangka membantu upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Ada pun edukasi yang diberikan meliputi, strategi mitigasi dan manajemen penularan risiko Covid-19, cara penggunaan masker kain dan cuci tangan yang benar, dan pemanfaatan tanaman obat tradisional untuk mencegah penularan Covid-19.

Strategi mitigasi dan manajemen penularan risiko merupakan hal yang sangat krusial dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19, di mulai dari tingkat paling kecil yaitu keluarga. Pada kegiatan ini, setiap individu atau keluarga harus memahami apa yang dapat dilakukan atau disiapkan jika individu tersebut atau anggota keluarganya ada yang sakit atau jika di lingkungan sekitar ada yang terinfeksi Covid-19, mereka harus mengetahui di mana menemukan informasi tentang Covid-19 yang benar dan perkembangan lokal kasus Covid-19, mengetahui apa saja tanda dan gejala Covid -19, dan  yang harus dilakukan jika memiliki gejala tersebut, mengetahui bagaimana menerapkan tindakan perlindungan pribadi dan juga perhatian khusus kepada orang yang memiliki penyakit bawaan dan juga yang memiliki risiko tinggi untuk tertular. Edukasi terkait penggunaan masker, meliputi cara pemilihan masker, cara penggunaan masker kain yang efektif, serta membersihkan masker kain agar bisa digunakan lagi. Edukasi juga meliputi protokol kebersihan setelah keluar dari rumah dapat berupa anjuran untuk membersihkan diri baik dengan cara mandi maupun cuci tangan yang benar menggunakan alkohol maupun sabun, dapat pula penggunaan desinfektan untuk membersihkan pakaian maupun barang-barang yang dibawa pada saat keluar rumah. Evaluasi dilakukan dengan pretes postes dengan menggunakan perangkat daring dan didapatkan bahwa semua peserta kegiatan berhasil menjawab seluruh pertanyaan postes dengan benar. Kegiatan diakhiri dengan pemberian bantuan kepada Satgas Covid-19 Desa Bukian, yang selanjutnya disalurkan kepada masyarakat. *wid/bk

BAGIKAN